Suana Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, DIY. ANTARA/Sutarmi
Suana Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, DIY. ANTARA/Sutarmi

Arus Balik di Bandara YIA Didominasi Tujuan Jakarta

Nasional Mudik Lebaran arus balik Idulfitri 1443 Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Ahmad Mustaqim • 05 Mei 2022 22:00
Yogyakarta: Otoritas bandara internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) mencatat arus balik usai libur lebaran 2022 mulai terjadi. Tujuan penerbangan pada arus balik saat ini didominasi ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
 
"Penerbangan (di YIA) didominasi jurusan Soekarno-Hatta Cengkareng karena bandara HAP ya. Jadi kemungkinan transit lalu ke Indonesia bagian barat yang tidak ada penerbangan langsung ke YIA," kata Airport Operation Center Head (AOCH) YIA, Budi Wiyono, saat dihubungi, Kamis, 5 Mei 2022.
 
Baca: Tol Cipali Berlakukan Contra Flow Arah Jakarta

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budi mengatakan data jumlah penumpang pada hari ini ada sebanyak 9.149 orang. Jumlah itu terbagi ke dalam 4.369 penumpang kedatangan dan 4.820 penumpang keberangkatan.
 
Ia menyebut arus penerbangan sampai saat ini dominan keberangkatan. Budi mengatakan ada sebanyak 33 jadwal penerbangan yang terdiri dari 31 penerbangan reguler dan dua penerbang tambahan.
 
"Peningkatan jumlah penumpang pada arus balik itu untuk hari kemarin sampai hari ini kami perkirakan realisasinya mencapai 60 persen," jelasnya.
 
Budi mengungkapkan puncak arus balik akan terjadi pada akhir pekan ini. Estimasi jumlah penumpang dalam sehari bisa mencapai 11 ribu orang.
 
"Puncak arus balik kami prediksi Sabtu ini. Jumlah penumpang pada puncak arus balik mencapai 11 ribu pax take off landing, makanya untuk arus balik ini diperkirakan juga sejumlah itu," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif