ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Kapal Ikan di Probolinggo Ludes Dilahap Api

Amaluddin • 12 Juli 2022 17:43
Surabaya: Kapal Lautan Papua Indah terbakar di wilayah perairan Terminal Khusus Paiton Pelabuhan Probolinggo, Jawa Timur, pukul 16.30 WIB, Selasa, 12 Juli 2022. Kapal pengangkut ikan tersebut dilahap api saat berlabuh di perairan tersebut.
 
"Kapal masih dilakukan pemadaman oleh Kapal Tugboat yang sedang berlabuh di Wilayah Terminal Khusus Paiton, perkembangan lebih lanjut akan kami laporkan pada kesempatan pertama," kata Humas Basarnas Surabaya, Tholeb Vatelehan, Selasa, 12 Juli 2022.
 
Tholeb memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Sebanyak 25 anak buah kapal (ABK) selamat, dan berhasil dievakuasi. Sebanyak empat kapal diterjunkan untuk melakukan pemadaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada kapal Tugboat (TB) Banyak, TB JKW Pelita 1, TB Intan Megah 20 dan TB Bomas Potenza," ujarnya.
 
Informasi dari Basarnas Surabaya menyebutkan peristiwa itu bermula ketika KM LPI milik PT Wogikel Papua Jaya berangkat dari terminal khusus Paiton, Kabupaten Probolinggo, sekira pukul 10.45 WIB, untuk berlayar mencari ikan ke Laut Aru, Laut Arafuru, dan Laut Timor bagian timur.
 
Total penumpang di kapan itu sebanyak 25 orang, terdiri dari 19 ABK KM LPI dan enam ABK titipan. Begitu berlayar, sekira pukul 14.45 WIB, kapal mengalami kebakaran.
 
Baca: SAR Surabaya Perpanjang Waktu Pencarian Lima ABK Hilang

Berdasarkan video yang beredar, api berkobar sangat besar melahap badan kapal hingga asap membubung tinggi. Beruntung, pertolongan datang tak lama kemudian.
 
Sejumlah nelayan yang menumpangi sedikitnya empat kapal jenis tugboat mendekat dan menolong para korban. Tim gabungan dari SAR juga turun tangan membantu mengevakuasi korban dan memadamkan api.
 
Kabid Humas Polda Jatim, Konbes Dirmanto, mengatakan petugas dari Ditpolair Polda Jatim dan TNI Angkatan Laut juga turut membantu korban. “Untuk ABK 25 orang selamat dan sekarang dievakuasi di Pelabuhan Perikanan Probolinggo,” ujar dia.
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif