Helikopter pengebom air dikerahkan BPBD Riau untuk memadamkan karhutla di Kabupaten Rokan Hulu. ANTARA/HO-Humas BPBD Riau
Helikopter pengebom air dikerahkan BPBD Riau untuk memadamkan karhutla di Kabupaten Rokan Hulu. ANTARA/HO-Humas BPBD Riau

BPBD Riau Kerahkan Helikopter Pengebom Air Padamkan Karhutla

Antara • 10 Agustus 2022 21:49
Pekanbaru: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mengerahkan dua helikopter pengebom air untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Rokan Hulu.
 
Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Riau, M. Edy Afrizal, mengatakan kebakaran lahan seluas 25 hektare di Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu.
 
"Pada hari ini kebakaran lahan masih terjadi di daerah itu di dekat hutan lindung Bukit Suligi," kata Edy di Pekanbaru, Rabu, 10 Agustus 2022.
 
Baca: 4 Hektare Lahan Terbakar di Kabupaten Pulang Pisau Berhasil Dipadamkan

Dia menjelaskan upaya pemadaman karhutla masih dilakukan petugas dengan didukung dua helikopter pengebom air. "Namun demikian api belum padam total, karena sulitnya sumber air di daerah kebakaran," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada Selasa, 9 Agustus 2022, pihaknya juga telah mengerahkan masing-masing dua helikopter untuk pemadaman karhutla di daerah tersebut, sedangkan pada Rabu siang ini juga diturunkan dua helikopter untuk upaya serupa.
 
"Sulitnya api dipadamkan karena sumber airnya jauh, sekitar delapan kilometer baru ada air dari lokasi kebakaran. Selain susah mencari sumber air, laporan dari BPBD Rohul (Rokan Hulu) kebakaran juga cukup luas, sekitar 25 hektare," jelas Edy.
 
 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif