Banjir melanda Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Foto: Istimewa
Banjir melanda Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Foto: Istimewa

Pidie Jaya Aceh Masih Banjir, Korban Terdampak Capai 19.226 Jiwa

Fajri Fatmawati • 23 Januari 2023 09:56
Pidie Jaya: Banjir masih menggenangi permukiman penduduk di 8 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten PIdie Jaya, Aceh. Korban terdampak pun kian bertambah sebanyak 19.266 jiwa.
 
"Jumlah korban terdampak berdasarkan data yang kita terima hari ini di 8 kecamatan di Kabupaten Pidie Jaya ada 6.474 Kepala Keluarga (KK) dengan 19.266 jiwa," Kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, Senin, 23 Januari 2023.
 
Ilyas memerinci 8 kecamatan yang dilanda banjir tersebut yakni, Kecamatan Ulim, Kecamatan Pante Raja, Kecamatan Bandar Dua, Kecamatan Meurah Dua, Kecamatan Meureudu, Kecamatan Bandar Baru, Kecamatan Trienggadeng dan Kecamatan Jangka Buya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banjir terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi sejak tiga hari lalu yang mengguyur wilayah Kabupaten Pidie Jaya sehingga menyebabkan debit air sungai Krueng Meureudu, Krueng Beuracan, Krueng Ulim, dan Krueng Putu meluap ke permukiman sehingga menggenangi rumah warga serta badan  jalan dan lahan pertanian masyarakat.
 
Baca juga: Banjir di Aceh Utara Meluas ke 7 Kecamatan, 9.123 Warga Terdampak

"Sehingga menyebabkan 4.639 rumah warga tergenang banjir," ujarnya.
 
BPBD Pidie Jaya  telah mengerahkan petugas untuk mengevakuasi masyarakat yang terdampak banjir. melakukan kaji cepat di lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan pihak kecamatan, melakukan pendataan dan membuka dapur umum.
 
"Sementara titik pengungsian di Kecamatan Bandar Dua di kkantor keuchik (kepala dea) Gampong Blang Dalam sebanyak 20 KK dengan 30 jiwa dan di Gampong Babah Krueng 27 KK dengan 60 jiwa, selebihnya masih dalam pendataan dan pemantauan. Kondisi terahir hingga saat ini air belum surut," jelasnya.
 

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id

 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif