Sekda Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, Heru Tjahjono.
Sekda Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, Heru Tjahjono.

Cegah Hepatitis A, Pemprov Jatim Bakal Bangun Jamban di Pacitan

Nasional hepatitis a
Daviq Umar Al Faruq • 14 Juli 2019 17:27
Malang: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur bakal memberi bantuan jamban, untuk setiap kepala keluarga di Pacitan, Jawa Timur. Bantuan jamban untuk menghindari penyakit Hepatitis A kembali mewabah di Pacitan.
 
"Penanganan untuk kasus Hepatitis perlu secara sustainable. Seperti di Pacitan kemarin itu. Salah satu caranya upaya jamban," kataSekda Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, Heru Tjahjono, di Malang, Minggu 14 Juli 2019.
 
Dia menuturkan, Pemprov Jatim berencana memberikan bantuan berupa pembangunan jamban ke setiap kepala keluarga (KK) di Pacitan. Jamban tersebut adalah jamban keluarga, bukan jamban komunal yang digunakan secara bersama-sama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tapi septic tank-nya secara kumulatif. Jadi untuk kebutuhan jamban dan kebutuhan air. Selain itu juga kami juga akan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat dari dinas kesehatan," bebernya.
 
Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit hepatitis A di Pacitan. Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur mengungkap, sebanyak 1.000 warga Pacitan tertular Hepatitis A.
 
Mewabahnya Hepatitis A di Pacitan diduga terkait dengan tercemarnya air Sungai Kaligoro di Desa Sukorejo, Sudimoro, Pacitan, Jawa Timur. Air sungai itu merupakan sumber air masyarakat.
 
"Sejauh ini tidak ada tambahan pasien. Di rumah sakit tidak nambah, di puskesmas juga tidak nambah," kata Kepala Dinkes Jawa Timur, Kohar Hari Santoso, Kamis 11 Juli 2019.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif