Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi. (Foto: Medcom.id/Kuntoro)
Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi. (Foto: Medcom.id/Kuntoro)

Salat Id di Kota Tegal Boleh Digelar Berjemaah

Nasional Virus Korona Idulfitri 2020
Kuntoro Tayubi • 18 Mei 2020 22:10
Tegal: Masjid Agung dan Alun-alun Kota Tegal, Jawa Tengah, diperbolehkan digunakan untuk salat Idulfitri berjemaah. Hal itu diputuskan saat rapat gabungan antara Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama setempat, serta Pemkot Tegal.
 
Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi mengatakan, keputusan menggelar salat id sudah dikonsultasikan dengan sejumlah pihak. Hanya saja dengan syarat, di daerah tersebut tidak ada lagi peningkatan pasien positif covid-19.
 
"Hasil rapat tadi, MUI, Kemenag, Dinas Kesehatan, DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu), Yayasan Masjid Agung, setuju adanya salat Idulfitri," terang Jumadi, Senin, 18 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jumadi, menegaskan Kota Tegal saat ini sudah nol kasus covid-19 dan telah berstatus zona hijau. Sesuai arahan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kota Tegal boleh melakukan relaksasi. Yakni, warga boleh melakukan aktivitas di luar rumah tetapi tetap dikontrol dengan protokol kesehatan yang ketat.
 
Baca juga:Pemkot Depok Meniadakan Salat Id Berjemaah
 
"Arahan gubernur dan wali kota terkait relaksasi, bukan terkait pelaksanaan salat Idulfitri, tapi relaksasi PSBB," terangnya.
 
Sementara itu, pengurus Masjid Agung Kota Tegal, Abdul Hayi, 47, menyampaikan, penyelenggaraan salat id kemungkinan tidak hanya di Masjid Agung, namun akan diperluas cakupan areanya hingga ke Alun-alun kota.
 
"Pemerintah Kota Tegal telah merespons surat permohonan izin untuk melaksanakan salat Idulfitri di Masjid Agung bila jemaahnya meluas sampai sekitar masjid atau meluas ke Alun-alun," terang Hayi.
 
Mengacu hasil rapat, panitia penyelenggaraan salat id bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Tegal untuk mematuhi protokol kesehatan. Panitia dan Dinas Kesehatan akan menempatkan tempat cuci tangan pakai sabun (CTPS) di beberapa titik, hand sanitizer, dan thermogun.
 
"Bagi warga yang akan menunaikan salat Idulfitri di Masjid Agung, disarankan sudah mensucikan dari rumah dan wajib memakai masker," jelasnya.

 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif