Ilustrasi--Seorang anggota Brimob Polri bersenjata lengkap menjaga truk boks yang mengangkut puluhan ribu dosis vaksin covid-19 di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Senin dini hari, 4 Januari 2021. (FOTO ANTARA/Wisnu Adhi)
Ilustrasi--Seorang anggota Brimob Polri bersenjata lengkap menjaga truk boks yang mengangkut puluhan ribu dosis vaksin covid-19 di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Senin dini hari, 4 Januari 2021. (FOTO ANTARA/Wisnu Adhi)

NTT Siapkan Dua Tempat Penyimpanan Vaksin Covid-19

Nasional Virus Korona vaksin covid-19 Pencegahan Covid-19 penanggulangan covid-19
Antara • 04 Januari 2021 10:39
Kupang: Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur menyiapkan dua tempat untuk menyimpan 13.000 dosis vaksin covid-19 Sinovac yang dijadwalkan tiba di Kota Kupang, pada Selasa, 5 Januari 2021.
 
"Kami sudah siapkan fasilitas atau tempat untuk menyimpan belasan ribu dosis vaksin yang baru akan tiba di Kupang besok," kata Karo Humas Setda Pemprov NTT Marius Ardu Jelamu, Senin, 4 Januari 2021.
 
Ia mengatakan dua lokasi yang disiapkan yakni tempat penyimpanan obat milik Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi NTT dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) WZ Johannes Kupang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Marius, vaksin yang akan tiba di Kupang merupakan tahap pertama. Pihaknya juga sudah menyampaikan ke kepala dinas kesehatan di setiap kabupaten/kota untuk menyiapkan ruangan khusus bagi vaksin yang akan diterima.
 
"Setiap ruangan yang menjadi tempat penyimpanan vaksin Sinovac harus berada di suhu sekitar 2-8 derajat guna menjamin kualitas dan mutu vaksin yang diterima masyarakat," ujar dia.
 
Baca juga: 177.784 Nakes di Jateng Akan Divaksin Covid-19 Tahap Pertama
 
Kemudian terkait dengan petugas kesehatan yang bertugas untuk vaksin pasien, kata dia, proses vaksin tidak sesulit seperti yang dibayangkan, karena memang sama seperti vaksin-vaksin lain.
 
"Ini kan untuk vaksin semua petugas kesehatan, khususnya perawat, bisa melakukan vaksin bagi pasien, karena memang proses vaksinnya sama seperti vaksin-vaksin lainnya," ujarnya.
 
Untuk alur pendistribusiannya, Pemprov NTT akan mendistribusikan ke setiap kabupaten Kota, baru kemudian kabupaten Kota mendistribusikan ke sejumlah kecamatan untuk dibagikan ke puskesmas-puskemas.
 
Lebih lanjut, kata Marius, walaupun sudah ada vaksin COVID-19 yang akan dikirim ke NTT masyarakat diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, cuci tangan dengan air menggalir, tetap menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.
 
"Karena saat ini kasus transmisi lokal di NTT terus meningkat, khususnya di Kota Kupang," kata dia.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif