ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Antisipasi Polio, Dinkes Aceh Barat Tingkatkan Imunisasi Anak

Antara • 24 November 2022 07:35
Aceh: Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, meningkatkan imunisasi kepada bayi berusia 0-9 bulan. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penyakit polio (lumpuh layuh) bagi balita.
 
"Imunisasi yang kita lakukan ini untuk mencegah terjadinya kasus polio di Aceh Barat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah, di Meulaboh, Rabu, 24 November 2022.
 
Berdasarkan laporan surveylance hingga 23 November 2022, hingga saat ini belum ditemukan kasus polio ataupun kasus lumpuh layuh di Kabupaten Aceh Barat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Syarifah Junaidah mengatakan untuk pelaksanaan imunisasi dasar dari total sasaran bayi berusia 0-9 bulan di Kabupaten Aceh Barat berjumlah 3.791 orang, hingga Oktober 2022. Sebanyak 1.954 bayi atau 51,5 persen balita sudah mendapatkan imunisasi polio 1.
 
Kemudian untuk 1.357 atau sebesar 35.8 persen bayi atau bayi atau balita di Kabupaten Aceh Barat sudah mendapatkan polio dosis kedua. Sedangkan 1.142 atau 30,1 persen bayi atau balita atau sudah mendapatkan polio dosis ketiga.
 
Baca: Pemprov Aceh Vaksinasi Massal Cegah Penyebaran Polio

Sementara itu, sebanyak 963 atau 25,4 persen balita sudah mendapatkan imunisasi polio suntik, dan 255 atau 14,6 persen bayi juga sudah mendapatkan imunisasi polio suntik.
 
"Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat mengimbau kepada kalangan orangtua bayi atau balita, agar dapat menyukseskan program imunisasi agar bayi dan balita di Aceh Barat terhindar dari penyakit polio atau lumpuh layu," ucap Syarifah Junaidah.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif