Sejumlah umat Islam yang hendak mengikuti Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di halaman Kantor Gubernur Sumbar di Padang berteduh karena hujan, Senin (2/5/2022). (ANTARA/Miko Elfisha)
Sejumlah umat Islam yang hendak mengikuti Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di halaman Kantor Gubernur Sumbar di Padang berteduh karena hujan, Senin (2/5/2022). (ANTARA/Miko Elfisha)

Hujan Warnai Salat Id di Kantor Gubernur Sumbar

Nasional hari raya idul fitri Sumatra Barat Lebaran 2022
Antara • 02 Mei 2022 08:39
Padang: Suasana salat Idulfitri 1443 Hijriah di halaman Kantor Gubernur Sumatra Barat di Padang, Senin, 2 Mei 2022, sempat diwarnai guyuran hujan lebat sehingga ratusan orang yang telah bersiap menjalani ibadah di tempat itu berlarian mencari tempat teduh.
 
Hujan yang turun tiba-tiba membuat sebagian jemaah yang telah duduk di karpet yang disediakan, tidak sempat menghindar sehingga basah kuyup.
 
Sebagian mereka di saf terdepan bisa segera berlari dan berteduh di pelataran kantor gubernur, namun tetap basah oleh guyuran hujan.
 
"Langit memang agak mendung dari subuh, namun sudah agak terang menjelang pelaksanaan Shalat Idul Fitri. Karena itu kami tetap datang untuk shalat. Ternyata hujan," kata salah seorang jemaah, Novear, yang mengikuti salat id di tempat itu.
 
Salah seorang jemaah yang datang ke halaman kantor gubernur setempat menggunakan sepeda motor, David, mengatakan panitia mengumumkan untuk melaksanakan salat Idulfitri di Masjid Raya Sumbar.
 
Baca juga: Jembatan Ampera Palembang Dipenuhi Ribuan Jemaah Salat Id

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, karena sudah basah kuyup dan hujan masih belum berhenti, ia memilih untuk tetap berteduh di pelataran kantor gubernur setempat.
 
Sebagian umat yang datang ke tempat itu menggunakan mobil segera bergeser ke Masjid Raya Sumbar untuk melaksanakan salat Idulfitri berjemaah.
 
Sebelumnya, Kepala Biro Kesra dan Bina Mental Sekretariat Daerah Pemprov Sumbar Irsyad mengatakan panitia telah mengantisipasi gangguan cuaca saat pelaksanaan salat Idulfitri di halaman kantor gubernur dengan menyiapkan lokasi alternatif di Masjid Raya Sumbar.
 
Saat ternyata turun hujan, lokasi alternatif dioptimalkan bagi jamaah yang akan melaksanakan salat Idulfitri 1443 Hijriah yang digelar Pemprov Sumbar.
 
Salat Idulfitri secara rutin setiap tahun digelar di halaman Kantor Gubernur Sumbar. Namun, dua tahun terakhir ditiadakan karena pandemi covid-19, sedangkan tahun ini kembali digelar salat Id di tempat itu, namun turun hujan.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif