Gubernur Papua, Lukas Enembe. (Foto: MI/Marcel Kelen)
Gubernur Papua, Lukas Enembe. (Foto: MI/Marcel Kelen)

Gubernur Papua Bantah Perintahkan Mahasiswa Pulang

Nasional Kerusuhan Manokwari
Antara • 11 September 2019 18:40
Jayapura: Gubernur Papua Lukas Enembe menegaskan tidak memerintahkan mahasiswa yang saat ini kuliah di berbagai kota di Indonesia untuk pulang.
 
"Tidak pernah ada perintah dari saya baik tertulis maupun lisan untuk memerintahkan mahasiswa asal Papua pulang," kata Lukas, pada pertemuan Forkompida di Jayapura, Papua, Rabu, 11 September 2019.
 
Lukas mengatakan daerah-daerah yang menjadi tujuan studi mahasiswa asal Papua aman. Ia pun heran mengapa ada kabar yang menyebutkannya memerintahkan anak-anak Papua untuk pulang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Belajar aman mengapa harus pulang? Namun sebaliknya bila mahasiswa merasa tidak aman
silakan pulang," ujarnya.
 
Lukas menduga ada upaya sistematis kelompok tertentu yang mengembuskan kabar bohong itu. Padahal aktivitas perkuliahan sudah menghadapi ujian tengah semester.
 
Pihaknya juga akan mengundang Pemprov Papua Barat dan bupati-bupati untuk membahas masalah tersebut. Termasuk menemui himpunan mahasiswa Papua.
 
"Intinya tidak ada tempat untuk bicara merdeka atau referendum. Negara tidak mungkin memberi tempat dan berharap situasi di Papua tetap aman dan tidak lagi terjadi konflik," tegas Lukas.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif