Situasi Terminal Cicaheum, Kota Bandung, pada Jumat siang, 29 April 2022. Medcom.id/ Roni Kurniawan
Situasi Terminal Cicaheum, Kota Bandung, pada Jumat siang, 29 April 2022. Medcom.id/ Roni Kurniawan

Padati Terminal Cicaheum Bandung, Pemudik Rebutan Masuk Bus

Nasional Mudik Lebaran Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Roni Kurniawan • 29 April 2022 16:58
Bandung: Para pemudik mulai memadati Terminal Cicaheum, Kota Bandung, pada Jumat siang, 29 April 2022. Para pemudik hingga berhamburan untuk memasuki bus dengan jurusan ke wilayah selatan.
 
Berdasarkan pantauan Medcom.id, para penumpang berhamburan mengejar bus yang baru tiba di Terminal Cicaheum. Penumpang saling berebutan untuk memasukkan barang ke bagasi dan ke dalam bus agar bisa mendapatkan tempat duduk.
 
Baca: Jalur Menuju Merak Dilakukan Buka-Tutup Imbas Kepadatan Lalu Lintas

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Padahal pengelola tiket sudah menetapkan jadwal keberangkatan serta nomor kursi bagi setiap penumpang. Akan tetapi penumpang menghiraukan hal tersebut dan keukeuh berebutan untuk masuk ke dalam bus.
 
"Untuk kemarin saja H-4 yang berangkat 1.955 penumpang. Hari ini kalau berdasarkan pantauan ada peningkatan. Untuk data lengkapnya nanti malam baru direkap," kata Kepala Terminal Cicaheum, Roni Hermanto, di Terminal Cicaheum Bandung, Jumat, 29 April 2022.
 
Dia menuturkan pemudik yang berangkat dari Terminal Cicaheum yakni antar kota dalam provinsi (AKDP) yakni jurusan Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar hingga Pangandaran. Sedangkan antar kota antar provinsi (AKAP) yaitu ke Jawa Tengah seperti Boyolali, Solo serta ke Jawa Timur yakni Surabaya, Malang hingga Madura.
 
"Kalau berdasarkan data hampir seimbang yang AKDP dan AKAP yang berangkat dari sini. Tapi lebih banyaknya yang AKDP," jelasnya.
 
Ia memprediksi jumlah penumpang yang hendak berangkat dark Terminal Cicaheum akan terus bertambah hingga Sabtu besok yang disinyalir menjadi puncak arus mudik Lebaran tahun ini.
 
"Besok sepertinya masih banyak, dan masih puncaknya. Kita lihat data perbandingannya nanti malam, soalnya hari ini saja kemungkinan meningkat dari hari kemarin," ungkapnya.
 
Sementara itu terhitung sejak H-7 hingga H-4, sebantak 8.500 pumpang yang diberangkatkan dari Terminal Cicaheum Bandung. Hingga kini, para pemudik pun masih memadati terminal yang menunggu kedatangan bus.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif