Polda Banten memberlakukan sistem buka tutup jalan pada wilayah Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah, Merak, Banten
Polda Banten memberlakukan sistem buka tutup jalan pada wilayah Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah, Merak, Banten

Jalur Menuju Merak Dilakukan Buka-Tutup Imbas Kepadatan Lalu Lintas

Nasional Mudik Lebaran lalu lintas banten Mudik Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Hendrik Simorangkir • 29 April 2022 15:03
Tangerang: Polda Banten memberlakukan sistem buka tutup jalan pada wilayah Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah, Merak, Banten. Upaya itu dilakukan lantaran terdapat antrean dan kepadatan kendaraan yang akan menuju kapal di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. 
 
Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga mengatakan, situasi tersebut berdasarkan pantauan CCTV dari Pos Terpadu Pelabuhan Merak pukul 12.30 WIB.
 
"Tepat hari ini adalah puncak arus mudik, terpantau sejak pukul 12.00 WIB sepanjang 5 kilometer kepadatan dari KM 94 hingga gerbang tol Merak, kemudian terjadi kepadatan juga di jalur arteri sepanjang 9,2 kilometer dari Simpang Grogol hingga Pelabuhan Merak," ujarnya, Jumat, 29 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Shinto menuturkan, saat ini kondisi di wilayah tersebut dalam situasi kuning. Petugas menerapkan pola buka tutup baik di Cikuasa Atas maupun Cikuasa Bawah, Merak, Kota Cilegon. 
 
"Saat ini kendaraan akan terus didorong ke kantong parkir menuju kapal pasca-sandar dan selesai bongkar," katanya. 
 
Baca juga: Pemudik Sepeda Motor Dominasi Jalur Padalarang
 
Shinto menjelaskan, salah satu rekayasa lalu lintas yang dilakukan adalah dengan menjadikan jalan Cikuasa atas sebagai kantong parkir kendaraan yang akan masuk ke dalam pelabuhan. Sedangkan Jalan Cikuasa Bawah, dijadikan jalan untuk kendaraan yang keluar dari dalam pelabuhan dan jalur aktivitas masyarakat setempat.
 
"Personel sudah terjun ke lapangan untuk melakukan pengaturan dan rekayasa lalu lintas. Jalan Cikuasa Atas kita jadikan kantong parkir untuk kendaraan menuju Pelabuhan Merak," jelasnya 
 
Shinto mengimbau kepada para pemudik untuk tetap bersabar dan mengikuti arahan dari petugas.
 
"Kepada para pemudik untuk tetap bersabar dalam antri mengingat hari ini adalah puncak arus mudik, apabila pemudik mendapatkan hambatan saat mudik dapat menghubungi Call Center 110," imbaunya.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif