Di pelabuhan ini puncak mudik sudah terlewati. Foto: Metro TV/Andri Arnold
Di pelabuhan ini puncak mudik sudah terlewati. Foto: Metro TV/Andri Arnold

Di Pelabuhan Ini, Puncak Arus Mudik Sudah Terlewati

Nasional Mudik Lebaran Gorontalo Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Mudik 2022
MetroTV • 26 April 2022 11:59
Gorontola: Meski Lebaran masih satu minggu lagi, Pelabuhan Gorontalo telah melewati puncak arus mudik pada Senin, 25 April 2022. Kapal KM Tilongkabila menjadi kapal perintis dengan ukuran besar terakhir yang singgah untuk melayani para pemudik dari Gorontalo.
 
Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gorontalo menyatakan terdapat sekitar 700 hingga 800 pemudik yang menggunakan kapal Tilongkabila dengan tujuan ke Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. 
 
"Jadi, untuk angkutan Lebaran di Pelabuhan Gorontalo itu puncaknya pada Senin ini dengan kapal Tilongkabila," ujar Kepala KSOP Gorontalo, Taher Laitupa, Selasa, 26 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan jumlah pemudik yang berangkat hari ini diperkirakan mencapai 800 orang yang menggunakan kapal Tilongkabila. Angka ini melonjak sekitar 118 penumpang dibanding hari biasanya. 
 
"Sementara untuk jumlah penumpang ada 800 orang. Ditambah para ABK totalnya sesuai kapasitas kapal Tilongkabila, yakni 950 orang," imbuhnya.
 
Meski menjadi kapal besar terakhir, hingga Hari Raya Idulfitri nanti, kata Taher, masih ada kapal perintis yang beroperasi, namun kapasitasnya hanya 100-200 penumpang. Sementara, jadwal selanjutnya untuk kapal perintis berukuran besar akan tiba di Pelabuhan Gorontalo setelah Lebaran.
 
"Sebenarnya nanti ada lagi di 28 April, tapi kapalnya kecil," papar Taher.
 
Baca: Jelang Libur Lebaran, IHSG Diprediksi Melemah
 
Menurut Taher, arus mudik saat ini sudah kembali pulih seperti sebelum pandemi covid-19. Bahkan, diprediksi akan meningkat hingga 20 persen dibandingkan 2019. 
 
Dari catatan Posko pelayanan terpadu angkutan lebaran di Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Gorontalo, ada sebanyak 10 kapal yang melayani angkutan lebaran di Pelabuhan ini. Terdiri dari sembilan kapal perintis atau tol laut dan satu kapal Pelni. (Andri Arnold/REN)
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif