Suasana Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan. Dokumentasi/ Istimewa
Suasana Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan. Dokumentasi/ Istimewa

Penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Diprediksi Naik 410%

Nasional Mudik Lebaran Makassar Mudik Lebaran 2022 Info Mudik
Muhammad Syawaluddin • 25 April 2022 17:36
Makassar: PT Angkasa Pura I memprediksi pergerakan penumpang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin akan meningkat hingga 410 persen pada Lebaran 1443 Hijriah. Pasalnya, tahun ini tidaka da larangan mudik Lebaran.
 
General Manager Bandara Sultan Hasanuddin, Wahyudi, mengatakan dibandingkan dengan periode Lebaran tahun lalu, pergerakan penumpang diprediksi akan melayani sekitar 28.000 penumpang setiap harinya. Angka itu naik sangat signifikan jika dibandingkan tahun sebelumnya. 
 
"Tahun ini diprediksi akan melayani sekitar 28.000 penumpang setiap harinya atau meningkat sekitar 410 persen," katanya, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 25 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebut, prediksi 28.000 pergerakan penumpang jelang Lebaran tersebut lantaran sejak beberapa hari terakhir penumpang yang melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sudah mulai ramai. 
 
"Puncak Arus Mudik diprediksi terjadi pada 28 April 2022 dan Puncak Arus Balik diprediksi pada 5 Mei 2022," ujarnya. 
 
Baca: Jumlah Penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin Naik 28%
 
Bahkan, pada 24 April 2022 kemarin pergerakan penumpang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar sudah mencapai 29.445 orang. Hal itu juga berbanding lurus dengan pergerakan pesawat yang mencapai 238 jadwal penerbangan. 
 
"Kalau periode posko Ramadan dan Lebaran tahun 2021 jumlah penumpang total hanya 12.190 penumpang," ungkapnya. 
 
Sebagai upaya untuk mengantisipasi pergerakan penumpang yang naik tersebut  pihak Bandara Internasional Sultan Hasanuddin membuka posko Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2022. 
 
Wahyudi, mengatakan, posko angkutan Lebaran 2022 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin terletak di area lobi keberangkatan dan akan beroperasi selama 16 hari mulai 25 April hingga 10 Mei 2022 mendatang. 
 
"Kesiapan sarana dan fasilitas bandara telah dipastikan siap dan akan dilakukan inspeksi rutin," katanya lagi. 
 
Pengawasan dan pemantauan dilakukan secara manual seperti adanya patroli gabungan dan secara digital dengan mengandalkan Airport Operation Control Center (AOCC) agar dapat beroperasi secara efektif dan efisien. 
 
"Kami juga berkoordinasi dengan stakeholder seperti Otoritas Bandara, Airnav, TNI, Kepolisian, Maskapai dll demi kelancaran operasional di bandara," jelasnya. 
 

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif