Kepadatan arus lalu lintas di kawasan Jalan Padjadjaran (ringroad utara) Sleman, Yogyakarta. Medcom.id/ Mustaqim
Kepadatan arus lalu lintas di kawasan Jalan Padjadjaran (ringroad utara) Sleman, Yogyakarta. Medcom.id/ Mustaqim

Pemeriksaan Acak Kartu Vaksin Diberlakukan di Sejumlah Titik di DIY

Nasional pariwisata daerah Yogyakarta Vaksinasi covid-19 Idulfitri 1443 Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
Ahmad Mustaqim • 23 April 2022 14:30
Yogyakarta: Direktorat Lalu Lintas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan fokus dalam pengamanan dan penjagaan arus mudik lebaran 2022. Meski demikian pemeriksaan acak kartu vaksin sebagai syarat mudik diberlakukan dan diterapkan di sejumlah titik.
 
"Vaksin dosis ketiga atau booster telah ditentukan jadi syarat mudik. Pemeriksaan diberlakukan di titik-titik tertentu," kata Direktur Ditlantas Polda DIY, Kombes Iwan Saktiadi, saat dihubungi, Sabtu, 23 April 2022.
 
Baca: PMI Jember Siagakan Dokter dan Ambulans di Posko Mudik Lebaran

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Iwan tak menjelaskan pasti di mana titik pemeriksaan kartu vaksinasi booster itu. Ia mengatakan hal itu akan menyesuaikan dengan hasil koordinasi bersama Dinas Kesehatan DIY dan tingkat kabupaten/kota.
 
"Kami akan melihat kondisi di lapangan. Apakah (pemeriksaan dilakukan) di tempat wisata atau di tempat lain. Pemeriksaan dilakukan secara acak," jelas Iwan.
 
Pihaknya mengingatkan masyarakat yang hendak bepergian ke luar kota atau mudik memastikan sudah vaksin booster. Ia mengatakan masyarakat yang sudah vaksin booster tak perlu tes PCR ataupun antigen.
 
Terkait pengaman arus mudik, ia mengatakan sekitar 3,9 juta pemudik yang akan masuk ke DIY harus ditindaklanjuti dengan pengaturan arus lalu lintas. Ia mengatakan pemeriksaan dengan besarnya jumlah pemudik maupun wisatawan tak mungkin bisa dilakukan semua.
 
"Kami fokuskan pengaturan lalu lintas bagi pemudik maupun masyarakat yang melintas DIY. Saat memasuki masa libur nanti keramaian akan berpindah ke jalur-jalur wisata," ujarnya.
 
Ia menambahkan, 16 pos pengaman dan 6 pos pelayanan akan dimaksimalkan untuk melayani pemudik. Pos-pos tersebut ditempatkan di pintu masuk DIY dan sejumlah titik keramaian.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif