Kawasan Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah. Metro TV
Kawasan Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah. Metro TV

Candi Borobudur Bersolek Jelang Perayaan Tri Suci Waisak

Nasional candi borobudur waisak jawa tengah
MetroTV • 10 Mei 2022 15:14
Magelang: Dua tahun Candi Borobodur meniadakan Perayaan Tri Suci Waisak akibat pandemi covid-19. Tahun ini Perayaan Tri Suci Waisak kembali digelar Taman Wisata Candi Borobudur dalam menyambut Waisak 2566 BE.
 
Hari ini di kawasan Taman Lumbini, kompleks Taman Wisata Candi Borobudur sudah banyak tenda yang didirikan untuk perayaan Hari Raya umat Buddha tersebut. Nantinya, di taman ini akan digunakan sebagai upacara puja umat dibagi dalam masing-masing Sangha sebelum peringatan detik-detik Waisak di Halaman Candi Agung Candi Borobudur.
 
"Saat ini sudah dimulai pemasangan tenda yang rencananya akan digunakan hingga puncak acara Dharmasanti Waisak pada tanggal 16 (Senin) malam," ujar GM Taman Wisata Candi Borobudur, Aryono Hendro Malyanto saat ditemui pada Selasa 10 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Berpusat di Candi Borobudur, Ini Rangkaian Perayaan Waisak 2022
 
Selain menyiapkan tenda-tenda bagi Sangha, pengelola Taman Wisata Candi Borobudur juga bersolek dengan merapikan rumput-rumput. Pembenahan sarana dan prasarana ini untuk menunjang rangkaian kegiatan Waisak yang dimulai pada Sabtu, 14 Mei 2022.
 
Nantinya pengelola Taman Wisata Candi Borobudur tetap akan membuka akses bagi wisatawan yang ingin melihat secara langsung detik-detik puncak perayaan Waisak. Acara Waisak sendiri nantinya akan dihadiri ribuan orang dan rencananya akan dihadiri oleh Wakil Presiden Indonesia, Ma'ruf Amin.
 
"Informasi yang kami dapatkan ada sekitar 2.000 orang yang akan mengikuti Perayaan Tri Suci Waisak. Nantinya wisatawan juga diperkenankan untuk bisa melihat langsung prosesi yang ada di Candi Borobudur selama tidak mengganggu umat dalam beribadah," tutur Aryono.
 
Perayaan Waisak selalu dilakukan untuk merayakan kelahiran, pencerahan dan kematian Sang Buddha, Siddharta Gautama. Pada tahun ini Waisak jatuh pada 16 Mei 2022. (Narendra Wisnu Karisma)
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif