Suasana Candi Borobudur, Magelang, Jateng. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Suasana Candi Borobudur, Magelang, Jateng. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Berpusat di Candi Borobudur, Ini Rangkaian Perayaan Waisak 2022

Nasional candi borobudur waisak
Lukman Diah Sari • 30 April 2022 14:23
Jakarta: Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) menerangkan rencana perayaan Hari Raya Waisak 2566/2022 yang akan dipusatkan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Rangkaian perayaan mulai 14 Mei hingga 16 Mei 2022.
 
Tema Waisak Nasional tahun ini adalah Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan Sejati. Sementara sub-temanya, Marilah Kita Mengaktualisasikan Ajaran Luhur Sang Buddha dalam Kehidupan Sehari-hari, Menuju Pencerahan Sempurna Tiada Batasnya.
 
"Tema dan sub-tema tersebut bermaksud untuk mengajak umat Buddha saling bersatu melakukan perbuatan baik penuh amal dan kebajikan, memajukan keluhuran diri masing-masing bahagia dengan buah karma baik dan keberuntungan baik sepanjang masa tercipta pula moderasi beragama di masa sekarang,” tutur Ketua Umum DPP WALUBI Hartati Murdaya dalam keterangan tertulis, Sabtu, 30 April 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Plt. Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama Nyoman Suriadarma mengaku mengapresiasi perayaan Waisak Nasional yang akan dipusatkan di Candi Borobudur. Pihaknya berharap perayaan itu bisa menjadi momentum untuk pemerintah menyapa umat Buddha di Indonesia. 
 
"Ini sekaligus menggaungkan Candi Borobudur sebagai tempat ibadah agama Buddha Indonesia dan dunia, pasca ditandatanganinya nota kesepakatan antara empat menteri dan dua gubernur pada 11 Februari 2022 lalu," ungkap Nyoman.
 
Rangkaian perayaan Waisak Nasional 2022 akan berlangsung mulai 14 Mei hingga puncaknya pada 16 Mei 2022. Humas Waisak Nasional 2566/2022 Eric Fernando memerinci rangkaian perayaan Waisak Nasional, yaitu: 
 
1. Pada 14 Mei 2022, diisi dengan pembagian sembako dan pengambilan api alam dari Mrapen, Kabupaten Grobogan. 
 
2. Pada 15 Mei 2022, pengambilan air berkah dari Umbul Jumprit, di Kabupaten Temanggung.
 
3. Pada 16 Mei 2022, proses ritual detik-detik Waisak pukul 11.13 WIB dan ditutup Dharmasanti Waisak serta pelepasan lapion ramah lingkungan pada malam hari. 
 
"Panitia memastikan terus menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi peraturan perundang–undangan serta berkoordinasi dengan instansi terkait demi menjaga kelestarian lingkungan sekitar," tutur Eric. 
 
Eric menerangkan untuk ritual detik-detik Waisak dan Dharmasanti Waisak di Candi Borobudur akan dilaksanakan secara hybrid. Panitia juga akan menyiapkan multimedia agar dapat disaksikan di seluruh dunia secara online. Informasi lebih lanjut terkait media, dapat menghubungi Eric Fernardo melalui nomor 081289990096.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif