Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. (Foto: Dok./Pemprov Kalteng)
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. (Foto: Dok./Pemprov Kalteng)

Kalteng Rencanakan Pengerukan 3 Alur Sungai

Media Indonesia.com • 24 Desember 2021 07:11
Palangkaraya: Jalur pelayaran yang dilalui di muara sungai di Kalimantan Tengah belum mampu dilayari oleh kapal-kapal besar. Pemprov pun berencana melakukan pengerukan 3 alur sungai yaitu Sungai Kapuas, Sungai Mentaya dan Sungai Kumai,
 
"Solusi ini untuk memudahkan arus keluar masuk barang melalui jalur air baik laut dan sungai," ujar Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Kamis, 23 Desember 2021.
 
Provinsi Kalteng memiliki 11 sungai besar atau Daerah Aliran Sungai (DAS) dengan total panjang mencapai 4.625 km. Menurut Sugianto, pengerukan sungai bagian dari komitmen pemprov Kalteng untuk meningkatkan PAD dari sektor-sektor unggulan, salah satunya melalui hilirisasi industri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Pembunuh Ibu dan Anak di Kupang Terancam Hukuman Mati
 
"Dalam mendukung hilirisasi industri, pertama Pemprov Kalteng telah melakukan moratorium terhadap komoditas dari Sumber Daya Alam Kalteng untuk keluar dari Kalteng dalam bentuk bahan mentah seperti Kayu Log, Bauksit,dan lainnya", ujar Sugianto.
 
Kedua, lanjut dia, inisiasi pembentukan Kawasan Pembangunan Ekonomi Terpadu (KAPET) kepada Bappenas dan Kemenko Perekonomian dengan semangat pembangunan suatu kawasan yang terdiri atas beberapa industri secara terpadu dan terintegrasi, telah mendapatkan respons baik dari dua kementerian tersebut melalui fasilitasi pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), 
 
Ketiga, hilirisasi industri sangat membutuhkan alur distribusi dengan dukungan fasilitas perhubungan, salah satunya adalah perhubungan laut melalui pembangunan pelabuhan utama dan metode ship to ship delivery atau STS untuk mendukung kelancaran arus barang baik dari dan keluar Provinsi Kalteng. (Surya Sriyanti)
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif