Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra Sitti Saleha (tengah) saat melakukan sidak harga bahan pokok di Pasar Mandonga Kendari, Selasa, 19 April 2022. ANTARA/HO-Disperindag Sultra
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra Sitti Saleha (tengah) saat melakukan sidak harga bahan pokok di Pasar Mandonga Kendari, Selasa, 19 April 2022. ANTARA/HO-Disperindag Sultra

Harga Bahan Pokok di Kendari Stabil Jelang Lebaran

Nasional kebutuhan pokok Bahan Pokok Pasar Tradisional Lebaran 2022
Antara • 19 April 2022 15:32
Kendari: Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tenggara memastikan harga bahan pokok di beberapa pasar tradisional dan ritel modern di Kota Kendari stabil. Kondisi tersebut diperkirakan bakal terus terjadi menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.
 
"Tadi kami melakukan sidak pasar tradisional, gudang distributor dan juga ritel modern. Memang terkait bahan pokok hampir semua masih relatif normal," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sultra, Laode Muhammad Fitrah Arsyad, di Kendari, Selasa, 19 April 2022.
 
Baca: Bupati Jepara Cek Langsung Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan pihaknya bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Bank Indonesia, Balai Karantina Pertanian Kendari melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Mandonga Kendari, Pasar Basah Korem dan ritel modern guna memantau harga bahan-bahan pokok jelang Lebaran.
 
Berdasarkan sidak di Pasar Tradisional Mandonga Kendari, cabai mengalami penurunan harga. Cabai keriting dari harga Rp46.000 turun menjadi Rp38.000, cabai besar dari Rp43.000 menjadi Rp38.000, cabai rawit merah dari Rp41.000 turun menjadi Rp35.000, lalu cabai rawit hijau tetap di harga Rp30.000.
 
Sementara harga gula pasir sedikit mengalami kenaikan sebesar Rp1.000, dari harga eceran tertinggi Rp14.000 menjadi Rp15.000. Sedangkan  bahan pokok lainnya seperti beras masih dihargai Rp10.000 per kilogram, tepung terigu segitiga biru Rp12.000 per kilogram.
 
"Kalau untuk cabai, bawang, minyak goreng, bahannya tersedia bahkan untuk cabai justru ada penurunan harga. Begitu juga pada harga yang lain. Jadi pada umumnya untuk harga sembako maupun bahan pokok lainnya untuk di pasar relatif normal, ketersediaannya juga cukup insya Allah sampai kita melaksanakan Hari Raya Idul Fitri," jelas Laode.
 
Untuk daging ayam, dia menyebut juga terjadi penurunan sekitar Rp2.000 sampai Rp2.500 dari harga sebelumnya Rp35.000 "Saat ini masih batas normal, paling nanti H-3 atau H-2 ada kenaikan harga sedikit. Tetapi yang jelas ketersediaan stoknya tercukupi," ungkapnya.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif