Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia (dua dari kiri) membuka acara Road to G20 bertajuk
Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia (dua dari kiri) membuka acara Road to G20 bertajuk

Bahlil Sebut Investasi Tesla Masuk Indonesia Tahun Ini

Triawati Prihatsari • 18 Mei 2022 17:52
Solo: Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memastikan perusahaan kendaraan listrik dunia Tesla akan menanamkan investasinya di Indonesia mulai tahun ini. Investasi terkait ekosistem baterai mobil listrik dan mobil listrik.
 
"Tesla Insyaallah akan masuk Indonesia, akan masuk dalam dua bagian investasi besar. Pertama ekosistem baterai mobil dan mobil listrik itu sendiri. 2022 ini Insyallah masuk tapi saya belum bisa mengumumkan bulannya karena belum tandatangan kerjasama," ujarnya di sela kegiatannya di Solo, Jawa Tengah, Rabu, 18 Mei 2022.
 
Terkait investasi besar yang akan dilakukaan Tesla tersebut, Kabupaten Batang disebut menjadi salah satu tujuan investasi untuk pendirian pabrik. Investasi di bidang industri oleh Tesla tersebut diharapkan mendatangkaan efek berganda ke daerah lain di Jawa Tengah termasuk Solo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kota Solo menjadi daerah lapis kedua dalam investasi industri Tesla karena memiliki Solo Techno Park (STP). Pasalnya, STP memiliki fasilitas pelatihan tenaga kerja lebih baik dibandingkan dengan Kabupaten Batang.
 
Baca: Menteri Bahlil Sebut Jateng Akan Jadi Pusat Industri Terbaik Tanah Air
 
"Solo lebih bagus (pelatihannya), maka nanti akan dikolaborasikan dengan yang di Batang. Industri di Batang itu menjadi salah satu yang terbaik dan harus bisa bekerjasama dengan SMK-SMK serta STP salah satunya," imbuhnya.
 
Selain Tesla, Bahlil juga menyebut perusahaan besar Foxconn juga menanamkan investasinya di Indonesia. Karena itu, dia menyebut Batang akan menjadi salah satu pusat industri terbaik di Jawa Tengah.
 
"Salah satu kawasannya di Kabupaten Batang. Di sana akan ada perusahaan-perusahaan besar seperti LG, Foxconn. Kemudian Tesla pun Insya Allah masuk ke sana dan beberapa perusahaan lain," ujarnya.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif