Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

Satgas Madago Raya Minta Tokoh Agama Bujuk DPO MIT agar Menyerahkan Diri

Media Indonesia • 23 Februari 2022 15:57
Palu: Satuan Tugas Operasi Madago Raya yang hingga kini masih memburu kelompok sipil bersenjata Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Parigi Moutong, dan Sigi. Satgas kini lebih mengutamakan pendekatan lunak (soft approach) meminta agar mereka menyerahkan diri.
 
Wakasatgas V Humas Operasi Madago Raya 2022, AKB Yudho Huntoro mengatakan, upaya soft approach penting dalam penanganan terorisme di wilayah Sulteng khususnya Poso. Pola yang dilakukan lebih mengedepankan dialog, pencegahan konflik, pemberdayaan masyarakat, menjaga keamanan warga, dan memberikan edukasi kepada masyarakat.
 
Baca: Teroris Penadah Motor Curian di Bekasi Kelompok MIT Poso

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tim gabungan TNI-Polri terus bekerja untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat dan tokoh agama, guna menurunkan para DPO yang masih tersisa agar menyerahkan diri," tegas Yudho, Rabu, 23 Februari 2022.
 
Yudho menjelaskan, salah satu cara yang terus dilakukan di Poso dengan melakukan penyebaran imbauan melalui selebaran baik pemasangan spanduk dan baliho maupun upaya yang dilakukan oleh pemuka agama TNI-POLRI, yang tergabung dalam Operasi Madago Raya.
 
"Operasi Madago Raya tahun 2022 memprioritaskan pendekatan lunak, yaitu dengan pendekatan lebih menitik beratkan pada tindakan humanis yang lebih persuasif dan upaya masif, untuk itu diimbau agar sisa DPO teroris Poso segera menyerahkan diri," ujar Yudho. 
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif