Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Kasus Positif Covid-19 Turun Drastis, Muba Masuk Zona Oranye

Nasional Virus Korona Pencegahan Covid-19 zona covid-19
Media Indonesia.com • 22 Oktober 2020 09:51
Palembang: Sempat mengalami lonjakan peningkatan kasus konfirmasi positif dan masuk kategori zona merah beberapa waktu lalu, kini Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, masuk zona oranye mulai 18 Oktober 2020.
 
Hal ini didasari dengan kasus covid-19 yang terus menurun dengan angka kesembuhan pasien yang bertambah.
 
"Analisisnya per 18 Oktober dan data yang dikeluarkan pada 21 Oktober 2020. Jadi satu minggu setelah dinyatakan zona merah, Musi Banyuasin (Muba) sudah kembali zona oranye. Semua harus displin kalau tidak mau kembali ke zona merah lagi," kata Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin, Kamis, 22 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dodi menjelaskan, indikator Muba masuk kategori zona oranye berupa penurunan jumlah kasus positif dan probable pada minggu terakhir sebesar 50 persen dari puncak.
 
"Lalu, penurunan jumlah kasus suspek yang dirawat di RS pada minggu terakhir sebesar 50 persen dari puncak," tambahnya.
 
Baca juga: Pemkab Purwakarta Sewa Hotel untuk Isolasi Pasien Covid-19
 
Dodi mengatakan, pihaknya juga telah melakukan pemetaaan zona sampai ke tingkat desa dan melakukan kebijakan PSBB Mikro di tingkat dusun atau RT.
 
"Tidak melakukan kegiatan yang mengajak kerumunan massa seperti hajatan, penundaan semua kegiatan pemerintah di wilayah zona merah, dan menyediakan penambahan ruang perawatan di tiga RSUD, serta penambahan persediaan tempat tidur di gedung sehat," ulasnya.
 
Selain itu, pihaknya juga melakukan peningkatan yustisi terhadap disiplin protokol khusus di wilayah tersebut, pelaksanaan tracking screening community, dan menyediakan penambahan ruang perawatan dan penambahan ruangan. Termasuk menggalakkan penggunaan herbal untuk meningkatkan imun warga.
 
"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda dan tim Gugus Tugas yang selalu all out dan maksimal dalam upaya penanganan dan pencegahan Covid-19 di Muba," ujarnya. (Dwi Apriani)
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif