Ditreskrimsus Polda Jawa Barat tangkap pelaku penjual senjata api ilegal. Medcom.id/P Aditya
Ditreskrimsus Polda Jawa Barat tangkap pelaku penjual senjata api ilegal. Medcom.id/P Aditya

Penjual Senpi Ilegal di Tasikmalaya Ditangkap

Nasional senjata api senpi nelayan ilegal
P Aditya Prakasa • 26 November 2020 13:20
Bandung: Direktur Kriminal Khusus Polda Jawa Barat (Ditreskrimsus) Polda Jawa Barat menangkap pria asal Tasikmalaya, Jabar, berinisial DA, 25, karena berjualan senjata api ilegal. DA menjual barang tersebut secara daring di situs jual beli.
 
Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Erdi A. Chaniago mengatakan, barang yang dijual pelaku mulanya senjata jenis air softgun. Namun, senjata itu dimodifikasi menjadi senjata api.
 
"Awalnya senjata tersebut merupakan senjata air softgun kemudian dimodifikasi tersangka. Sehingga yang tadinya air softgun menjadi senjata api," kata Erdi di Markas Polda Jawa Barat, Kamis 26 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain menjual senjata, kata Erdi, pelaku juga menawarkan jasa servis. Dari informasi yang diperoleh, sejumlah pucuk senjata telah dijual pelaku dengan harga Rp5 juta hingga Rp8 juta.
 
Baca: Kapolda Papua Sesalkan Penjualan Senjata Api ke KKB
 
"Tersangka menyampaikan bahwa ada jasa servis juga dan jasa mengonversi. Mengonversi diameter atau selongsong kalibernya yang semula 38 milimeter itu, dikonversi sehingga untuk yang 22RR ini bisa dimasukkan ke situ sehingga senjata bisa menembakkan peluru," ucap dia.
 
Erdi mengatakan, pelaku mempelajari teknik modifikasi senjata secara otodidak. Pihaknya masih melakukan pengembangan kasus untuk mengungkap target pasar pelaku.
 
"Dia melakukan ini sudah dua tahun," tutur dia.
 
Pelaku disangkakan Pasal 9 UURI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UURI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik dan Pasal 1 ayat 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951, dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup atau setinggi-tingginya 20 tahun.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif