Anggota tim labfor Polda Jatim melakukan olah TKP kelas yang ambruk di SDN Gentong, Pasuruan. Foto: ANT/Umarul Faruq
Anggota tim labfor Polda Jatim melakukan olah TKP kelas yang ambruk di SDN Gentong, Pasuruan. Foto: ANT/Umarul Faruq

Polisi Temukan Ketidaksesuaian Spesifikasi Bangunan Sekolah Ambruk

Nasional sekolah ambruk
Antara, Amaluddin • 06 November 2019 19:50
Surabaya: Polisi menemukan adanya dugaan ketidaksesuaian spesifikasi pada konstruksi bangunan SDN Gentong, Kota Pasuruan, Jawa Timur. Atap dari empat ruang kelas SDN Gentong ambruk, dan mengakibarkan dua orang tewas.
 
Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera menerangkan tim laboratorium forensik menemukan tiga poin utama penyebab ambruknya atap sekolah. Yakni konstruksi bangunan, material bangunan dan saat terjadi insiden.
 
"Telah didapat data awal penyebab sekolah ambruk. Misalnya, material yang seharusnya A, tetapi material yang dipakai B. Kemudian struktur bangunan yang seharusnya kokoh, tidak lapuk. Artinya bahwa dalam kondisi itu harusnya pemasangan-pemasangan tertentu lebih kokoh," jelas Barung di Mapolda Jatim, Rabu, 6 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya segera memeriksa perencana dan pelaksana pembangunan sekolah. Dia mengungkap untuk saksi keterangan sudah diambil di tempat kejadian perkara (TKP).
 
"Sekarang tinggal dua hal, yakni perencanan dan pelaksana. Pelaksana adalah pelaksanan pembangunan, sedangkan siapa perencana konstruksi bangunan. Apakah Diknas, Dinas PU, atau siapa, ini yang nanti akan dilakukan kroscek untuk mengungkapnya," jelasnya.
 
Barung memastikan akan memanggil pihak-pihak yang terkait dengan perencanaan dan pelaksanaan tersebut. Polres Pasuruan yang akan bertugas memanggil pihak-pihak tersebut.
 
"Perkembangan ini, saya belum keluarkan hasil labfor untuk kepentingan penyelidikan dan penyidikan. Kalau nanti sudah ada perbandingan, baru kita keluarkan untuk diketahui publik," tandasnya.
 

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif