Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.

Nelayan di Aceh Jaya Takut Melaut karena Gelombang Tinggi

Nasional gelombang tinggi
Antara • 22 Juli 2019 15:45
Aceh Jaya: Nelayan tradisional di kawasan Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, sejak dua hari terakhir berhenti melaut. Pasalnya sekitar tiga hari terakhir di perairan setempat tejadi cuaca buruk seperti gelombang tinggi dan hujan deras.
 
Puluhan nelayan yang tidak melaut itu adalah para penguna jaring pukat besar. Mereka biasanya beraktivitas di laut bebas perairan Samudera Hindia.
 
"Mereka takut terhempas gelombang tinggi, sehingga bisa mengundang kemungkinan buruk dan bisaemgancam keselamatan jiwa" kata Yunan Panglima Laot (tokoh adat laut) wilayah Lhok Calang, Kabupaten Aceh Jaya, Senin, 22 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yunan menjelaskan ketinggian gelombang di perairan setempat sekarang berkisar 3 hingga 4 meter. Lalu sering turun hujan deras sehingga rawan terganggu pelayaran.
 
Walaupun kapal berjaring pukat enggan berlayar, tapi sebagian nelayan penggunan perahu kecil yang menggunakan alat tangkap seferhana tetap beraktivitas mencari ikan. Mereka hanya menjaring ikan di dekat tepi pantai yang mudah terjangkau serta tidak berisiko dihantam ombak.
 
Dari informasi yang dihimpun, nelayan pencari ikan di perarian laut bagian barat Aceh sering hilang atau hanyut terbawa arus gelombang. Bahkan mereka sering terdampar ke negara lain, misalnya ke Myanmar atau India.
 
Bahkan tidak sedikit dituduh hendak mencari ikan di teritorial negara tetangga seperti Myanmar, India dan Thailand. Bahkan banyak yang ditahan negara lain dengan alasan melanggar batas teritorial negara.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif