Jalur menuju berbagai obyek wisata di Mangunan, Bantul. (Foto: Medcom.id/Ahmad mustaqim)
Jalur menuju berbagai obyek wisata di Mangunan, Bantul. (Foto: Medcom.id/Ahmad mustaqim)

Jalur Rawan di Bantul Aman Dilintasi Bus Besar

Nasional jalur mudik natal dan tahun baru
Ahmad Mustaqim • 24 Desember 2019 15:05
Bantul: Kendaraan besar seperti bus pariwisata diizinkan melintasi jalur Imogiri-Dlingo, Kabupaten Bantul, selama libur akhir tahun. Kendati, jalur tersebut dinyatakan rawan lantaran medan tikungan tajam.
 
Kapolres Bantul, AKBP Wachyu Tri Budi Sulistyp mengatakan, bus besar diizinkan melintas hanya jika hendak menuju sejumlah tempat wisata. Namun, bus tidak diperbolehkan melintas jalur yang sama saat keluar dari lokasi wisata.
 
"Baliknya harus lewat (Kecamatan) Patuk (Kabupaten Gunungkidul). Jalur (Imogiri-Dlingo) ini tak boleh untuk turun," kata dia, Selasa, 24 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Senada, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bantul, AKP Cerryn Nova Madang Putri, mengungkapkan, kendaraan besar diizinkan melintas hanya untuk satu arah kedatangan. Arus kepulangan harus menempuh jalur lain.
 
"Kami akan tempatkan sejumlah personel untuk berjaga selama libur natal dan tahun baru," ungkapnya.
 
Sementara itu, Kepala Dishub Kabupaten Bantul, Aris Suhariyanta, menambahkan, jalur di Imogiri-Dlingo sudah cukup baik. Ia mengatakan akses jalan di sana sudah teraspal dan diperlebar.
 
"Bus pariwisata itu kan lebar dan besar, kami kira sudah cukup aman untuk dilintasi," ujarnya.
 
Menurut Aris, jalur kepulangan wisatawan tidak boleh melintasi wilayah tersebut. Pihaknya juga akan menerjunkan belasan petugas untuk berjaga di jalur-jalur yang rawan.
 
"Ada lima petugas kami tempatkan di Puncak Becici, enam petugas di Mangunan, dan ada empat di Balai Desa Mangunan. Mereka kami tugaskan membantu mengatur lalu lintas," ucap Aris.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif