ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Kota Banda Aceh Salurkan 95,42% BLT BBM per 23 September

Antara • 23 September 2022 23:00
Aceh: Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) subsidi BBM untuk masyarakat Kota Banda Aceh mencapai 95,42 persen dari total 9.861 keluarga. Kepala Dinas Sosial Kota Banda Aceh, Arie Maulakafka, mengatakan alokasi BLT BBM di sembilan kecamatan di Banda Aceh disalurkan untuk 9.861 keluarga penerima manfaat (KPM).
 
Ia mengatakan dari jumlah alokasi tersebut, terdapat jumlah reversal subsidi BBM sebanyak 50 keluarga, di antaranya Kecamatan Kuta Alam sebanyak 19 KPM dan Kecamatan Kuta Raja sejumlah 31 KPM.
 
"Reversal terjadi karena KPM sudah pindah domisili, meninggal, atau ditemukan bahwa KPM terdaftar sebagai ABRI/PNS, bantuan itu tidak akan kami berikan meskipun sudah ada di kantor pos dan akan kami kembalikan ke negara," kata Arie, Jumat, 23 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga menjelaskan bantuan yang diberikan kepada KPM tersebut disalurkan berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) by name by address Kementerian Sosial Republik Indonesia.
 
"Dinsos hanya memfasilitasi agar bantuan tersebut dapat diterima oleh KPM yang terdapat dalam database tersebut," ucapnya.
 
Baca: Penerima BLT BBM di Sinjai Bertambah 1.514 KPM
 
Bantuan tersebut disalurkan secara tunai oleh kantor Pos Indonesia, sementara Dinas Sosial Kota Banda Aceh melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) hanya bertugas mengawasi agar penyaluran tersebut tepat sasaran atau sampai ke penerima manfaat.
 
Ia mengatakan bantuan yang diberikan bukan hanya berupa BLT subsidi BBM, ada bantuan sembako reguler sehingga total bantuan yang diserahkan kepada keluarga penerima manfaat sebanyak Rp500 ribu.
 
Ia menyebutkan KPM tersebut menerima BLT BBM sebanyak Rp300 ribu untuk dua bulan dan bantuan sembako reguler Rp200 ribu per bulan.
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif