Presiden Joko Widodo (Jokowi), berkunjung ke RSUD dr Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, Jawa Timur, Rabu 5 Oktober 2022.
Presiden Joko Widodo (Jokowi), berkunjung ke RSUD dr Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, Jawa Timur, Rabu 5 Oktober 2022.

Presiden Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan di RSSA Kota Malang

Daviq Umar Al Faruq • 05 Oktober 2022 14:40
Malang: Presiden Joko Widodo (Jokowi), berkunjung ke RSUD dr Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, Jawa Timur, Rabu 5 Oktober 2022. Pada kunjungannya kali ini, Jokowi menjenguk para korban Tragedi Stadion Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu malam, 1 Oktober 2022.
 
"Para korban tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang, saya ingin memastikan bahwa yang dirawat di rumah sakit ini mendapatkan pelayanan yang paling baik," katanya usai kunjungan.
 
Jokowi mengaku sempat berbincang-bincang dengan beberapa korban yang dirawat di RSSA. Ia ingin mengetahui cerita kejadian sesungguhnya pada saat tragedi yang menewaskan 131 orang tersebut.
 
"Tadi saya juga berbincang-bincang dengan 1, 2, 3, 4 pasien, korban di Stadion Kanjuruhan, untuk mengetahui kurang lebih situasi di malam pertandingan 1 Oktober yang lalu. Saya benar-benar ingin tahu akar masalah penyebab tragedi ini sehingga kedepan kita bisa mendapatkan sebuah kronologi terkait," jelasnya.
 
Baca: Stadion Kanjuruhan Penuh Coretan Kekecewaan Aremania Atas Tragedi Kanjuruhan

Orang nomor satu di Indonesia itu, menegaskan bahwa Pemerintah telah membentuk tim pencari fakta independen untuk mengusut kasus Tragedi Stadion Kanjuruhan. Tim itu diketuai langsung oleh Menko Polhukam, Mahfud MD.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi pun berpesan kepada para pasien korban Tragedi Stadion Kanjuruhan agar tetap semangat. Ia pun meminta para korban dapat segera sembuh sehingga bisa beraktivitas kembali.
 
"Saya juga menyampaikan kepada para pasien korban bahwa seluruh biaya untuk perawatan ditanggung oleh pemerintah daerah dan kota," ungkapnya.
 
"Dan juta tadi kita juga sampaikan sedikit santunan kepada korban yang meninggal dan saya tahu tidak hanya dari Pemerintah Pusat, tapo Pemprov, Pemkot Malang, juga memberikan santunan untuk meringankan beban dari keluarga terhadap korban," imbuhnya.
 
Pada kunjungannya ke Malang, Jokowi ditemani oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menpora Zainuddin Amali. 
 
Sebelumnya diberitakan, sebanyak 131 orang meninggal dunia akibat kerusuhan yang terjadi usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu malam 1 Oktober 2022. Selain itu, ratusan orang lainnya mengalami luka-luka dan sebagian diantaranya dirawat di rumah sakit pada Tragedi Stadion Kanjuruhan ini.

 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif