ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Polisi Diminta Cepat Selidiki Penggelapan Pajak di Samsat Kelapa Dua Tangerang

Nasional pajak kasus penggelapan banten Samsat
Hendrik Simorangkir • 19 April 2022 20:10
Tangerang: Polisi diminta bergerak cepat dan tegas untuk mengungkap dugaan penggelapan Rp6 miliar uang pajak di Samsat Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten. Pengamat Kebijakan Publik, Adib Miftahul, meminta polisi cepat menentukan langkah hukum kepada para terduga pelaku penggelapan.
 
"Penegak hukum harus dapat segera menyelidiki kasus itu semuanya. Ini sudah tindak korupsi, jangan dibiarkan," kata Adib dalam keterangan pers, Selasa, 19 April 2022.
 
Baca: Miliaran Uang Pajak di Samsat Kelapa Dua Tangerang Digelapkan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adib menuturkan dugaan penggelapan pajak yang dilakukan oleh tiga pegawai Samsat dan satu non PNS tersebut telah menyebabkan negara merugi miliaran rupiah.
 
Adib meminta proses hukum terhadap keempat pelaku tersebut harus segera dilakukan. Hal itu bertujuan untuk memberikan efek jera kepada oknum lain yang ingin berbuat curang dengan memperkaya diri sendiri.
 
"Tetap harus ditindak, biar ini jadi pelajaran dan menjadi baik ke depannya. Pengusutan itu aparat penegak hukum harus turun. Siapa yang terlibat di situ kasih punishment," jelas Adib.
 
Adib juga memberi apresiasi terhadap kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelayanan Pendapatan Daerah (PD) Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Bayu Adi Putranto. Pasalnya kata Adib langkah yang telah dilakukannya dinilai berani untuk melaporkan adanya penggelapan tersebut ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten.
 
"Sangat jarang ada kepala Samsat yang berani melaporkan penggelapan yang dilakukan anak buahnya sendiri. Berarti kita harus mengapresiasi kepala kantor itu," ungkapnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif