ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Miliaran Uang Pajak di Samsat Kelapa Dua Tangerang Digelapkan

Nasional pajak kasus penggelapan banten Samsat
Hendrik Simorangkir • 19 April 2022 18:50
Tangerang: Sebanyak Rp6 miliar uang pajak di Samsat Kelapa Dua, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, diduga digelapkan. Ini menyebabkan uang kas Pemerintah Provinsi Banten hilang miliaran rupiah.
 
"Iya benar ada tindakan itu di sana (UPT Samsat Kelapa Dua)," ujar Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten Opar Sohari, Selasa, 19 April 2022.
 
Opar menuturkan aksi kejahatan tersebut terbilang nekat. Pasalnya, alur keuangan di Samsat bisa langsung termonitor dan terhubung lintas instansi, mulai dari pihak kepolisian, Jasa Raharja, dan Bapenda Provinsi Banten.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tindakan ini menurut saya sudah sangat nekat. Soal pendapatan kan itu ada dari kita (Bapenda), dari kepolisiannya, ada dari pihak Jasa Raharja, dan ada dari bank-nya. Ya pasti ketahuan lah," jelas dia.
 
Kasus pembobolan kas daerah sedang ditangani Tim Auditor dari Inspektorat Provinsi Banten dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
 
Baca: 86.684 Warga Pandeglang Terima BLT Minyak Goreng
 
"Kita masih tunggu hasilnya dari Inspektorat dan BPKP, mereka sedang bekerja untuk menelusurinya," ucap dia.
 
Sementara, Kepala Inspektorat Provinsi Banten Muhtarom tidak berkomentar banyak terkait perkembangan proses pemeriksaan kerugian duit negara dari Samsat Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang itu.
 
"Tim masih melakukan pemeriksaan," ucap Muhtarom.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif