Pemusnahan barang ilegal. Medcom.id/Triawati P
Pemusnahan barang ilegal. Medcom.id/Triawati P

Bea Cukai Solo Musnahkan Barang Tegahan Bernilai Miliaran Rupiah

Nasional pemusnahan
Triawati Prihatsari • 01 Oktober 2020 18:21
Solo: Bea Cukai Solo memusnahkan ratusan barang milik negara (BMN) hasil penindakan dan penegahan senilai Rp1.183.137.460 dengan potensi nilai cukai sebesar Rp600.861.339. Barang yang dimusnakan di antaranya sex toys, rokok, dan minuman keras.
 
"BMN tersebut merupakan hasil tegahan yang dilakukan sepanjang tahun 2019 hingga 2020. Sex toys ada 258, ada juga 1.006.344 batang rokok jenis sigaret kretek mesin (SKM) berbagai merk dalam kemasan karton, bal, bungkus dan batangan dan barang hasil penindakan lainnya," ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Solo, Budi Santoso, di Solo, Jawa Tengah, Kamis, 1 Oktober 2020.
 
Barang-barang yang dimusnahkan tersebut merupakan barang kena cukai hasil tembakau dan minuman mengandung etil alkohol (miras) serta barang impor melalui Kantor Pos Bea Solo dan Bandara Adi Soemarmo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemusnahan barang milik negara ini sesuai persetujuan dan izin dari Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi (PKNSI) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Nomor S-155/MK.6./KN.5/2020 dan izin dari Kepala Kantor Pelayaan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta Nomor S-31/MK.6/WKN.09/KNL.02.2020.
 
Baca: Beragam Barang Tertinggal di Bandara Soetta Dimusnahkan
 
"Barang dimusnahkan dengan dipecah dan dibakar. Sehingga tidak dapat dipergunakan atau sudah tidak memiliki nilai ekonomis," imbuhnya.
 
Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Penindakan dan Penyidikan Kanwil BC Jawa Tengah dan DIY, Moch Arif, menambahkan Kantor Bea Cukai Solo mengemban dua UU secara pokok harus dilaksanakan yakni UU Cukai dan UU Kepabean.
 
"Beberapa barang memang harus dilakukan penindakan. Tidak boleh memasuki wilayah pabean Indonesia karena tidak memenuhi aturan larangan dan pembatasan. Oleh UU kemudian dilakukan proses selanjutnya," ungkapnya. 
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif