Kondisi penduduk miskin di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. (FOTO ANTARA//M Risyal Hidayat/dok)
Kondisi penduduk miskin di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. (FOTO ANTARA//M Risyal Hidayat/dok)

Karawang Validasi Data Penduduk Miskin Ekstrem

Nasional kemiskinan Kemiskinan Ekstrem Kemiskinan Ekstrem di Desa
Antara • 14 Oktober 2021 07:16
Karawang: Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, tengah melakukan pendataan sekaligus validasi data penduduk yang berkatagori miskin ekstrem di 25 desa di daerah itu.
 
Kepala Bidang Pembiayaan Monitoring dan Evaluasi Bappeda setempat Ani Muthia mengatakan penduduk berkategori miskin ekstrem di 25 desa tersebut pada tahun ini akan mendapatkan bantuan tunai Rp900 ribu dari pemerintah pusat.
 
Namun untuk jumlah penerimanya, hingga kini belum diketahui karena Pemkab Karawang masih menunggu kiriman data dari pemerintah pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sambil menunggu kiriman data penerima dari pusat, sekarang ini kami dari pemkab sedang melakukan pendataan sekaligus validasi, sesuai dengan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Karawang," katanya, Rabu, 13 Oktober 2021.
 
Baca juga: Bau Belerang Sekitar Danau Maninjau Resahkan Warga
 
Ditanya lebih lanjut mengenai jumlah data penduduk yang kini sedang divalidasi, Ani mengaku tidak mengetahui jumlahnya secara pasti.
 
"Kalau jumlah penduduk berkategori miskin ekstrem di 25 desa, kita masih menunggu kiriman data dari pusat. Untuk validasi sekarang, kita mengacu data DTKS," ungkapnya.
 
Sesuai dengan data Dinas Sosial Karawang, hingga Desember 2020, jumlah DTKS di Karawang mencapai 266.468 rumah tangga atau 281.570 kepala keluarga atau 860.659 anggota jiwa.
 
Menurut Ani Dinas Sosial maupun Bappeda Karawang tidak mengetahui secara pasti jumlah penduduk miskin ekstrem yang tersebar di 25 desa. Namun pihaknya akan memfokuskan penanganan penduduk miskin tersebut.
 
Baca juga: 106.780 Jiwa di Karawang Masuk Kategori Kemiskinan Ekstrem
 
Sementara itu, sebanyak 25 desa yang menjadi sasaran program kemiskinan ekstrem itu di antaranya Desa Cemarajaya, Gebangjaya, Kedungjaya, Kedungjeruk Desa Kertarahayu (Kecamatan Cibuaya) serta Desa Karyamulya, Kutaampel, Segaran, Segarjaya dan Desa Telukbango (Kecamatan Batujaya).
 
Kemudian Desa Kiara, Pasirjaya, Sukajaya, Sumurgede dan Desa Tegalurung (Kecamatan Cilamaya Kulon) serta Desa Kutagandok, Kutakarya, Kutamukti, Sampalan dan Desa Sindangsari (Kecamatan Kutawaluya).
 
"Sisanya tersebar di lima desa di Kecamatan Pedes, yakni Desa Jatimulya, Karangjaya, Kertaraharja, Payungsari dan Desa Randumulya," jelasnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif