Ilustrasi kapal bersandar di Pelabuhan Kalianget Sumenep, Jawa Timur. Medcom.id/ Rahmatulah
Ilustrasi kapal bersandar di Pelabuhan Kalianget Sumenep, Jawa Timur. Medcom.id/ Rahmatulah

Pelabuhan Kalianget Sumenep Lumpuh

Nasional transportasi laut
Rahmatullah • 06 Januari 2020 20:19
Sumenep: Pelabuhan Kalianget Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, saat ini tidak beraktivitas sama sekali. Hal itu menyusul cuaca ekstrem yang melanda perairan setempat. Jadwal pelayaran untuk semua rute kepulauan disetop.
 
Kepala KSOP Kalianget, Supriyanto, mengatakan cuaca di perairan tidak memungkinkan untuk dilakukan pelayaran. Ia juga mengaku sudah mengeluarkan edaran agar tidak tidak aktivitas pelayaran.
 
"Sampai tanggal 9 (larangan pelayaran)," kata Supriyanto di Sumenep, Senin, 6 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Supriyanto menjelaskan cuaca segera normal, sehingga pelayaran bisa normal kembali. Tetapi jika situasi tetap seperti saat ini, kemungkinan penundaan pelayaran tetap dilakukan.
 
Supriyanto juga mengimbau nelayan tidak beraktivitas. Menurut dia, cuaca ekstrem sangat mengancam keselamatan. Ia berharap nelayan lebih mengedepankan keselamatan daripada lainnya.
 
Sementara pemilik perahu di Pelabuhan Kalianget, Alwan, mengatakan sudah tiga hari tidak berlayar. Mestinya perahu miliknya harus mengangkut sambako dan bahan bangunan ke pulau. Ia pun mengaku tidak bisa berbuat banyak demi keselamatan.
 
Dia berharap cuaca segera normal, sehingga diizinkan untuk berlayar. Alwan mengaku tidak punya penghasilan ketika tidak berlayar.
 
"Yang namanya punggung keluarga bingung ketika tidak ada penghasilan," ungkapnya.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif