Lokasi terjadinya bentrok saat konser musik di Lippo Plaza Yogyakarta. Medcom.id/Mustaqim
Lokasi terjadinya bentrok saat konser musik di Lippo Plaza Yogyakarta. Medcom.id/Mustaqim

Gubernur DIY Pertanyakan Izin Konser Musik Lippo Plaza

Ahmad Mustaqim • 13 Juni 2022 22:23
Yogyakarta: Konser musik di Lippo Plaza Yogyakarta berujung ricuh pada Minggu malam, 12 Juni 2022. Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X mempertanyakan perizinan keramaian itu.
 
"(Konser musik) ada izin enggak? Kalau enggak ada izin, masalah lain itu, bagaimana kepolisian. Kalau ada izin masalahnya lain juga," kata Sri Sultan di Yogyakarta, Senin, 13 Juni 2022.
 
Ia mengatakan secara umum acara konser sudah diperbolehkan. Hal ini mengacu pada status PPKM di DIY yang berada pada level I. Namun, kata dia, protokol kesehatan tetap harus dijalankan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Sultan, pihaknya tidak mempermasalahkan bila ada konser tersebut. Akan tetap, apabila terjadi kerusuhan sudah menjadi ranah kepolisian.
 
Sultan mengatakan konser musik menjadi salah satu bagian dari even wisata dan harus memiliki izin keramaian. Izin keramaian itu diurus di kepolisian.
 
Baca: Begini Kronologi Kerusuhan Konser Musik di Yogyakarta
 
"Mestinya kan (konser musik digelar) dengan izin. Kira-kira polisi mengambil tindakan apa, itu wewenang kepolisian," ujarnya.
 
Pihaknya mengingatkan kepada pihak manapun yang akan menggelar kegiatan keramaian agar mengurus perizinan. Perizinan tersebut menjadi salah satu bagian untuk mengantisipasi hal tertentu, termasuk potensi kerusuhan.
 
"Kalau pertemuan (seperti konser) begitu harusnya ada izin. Boleh pertunjukan, boleh. Hanya masalahnya izin ada enggak? Kalau sampai ada kerusuhan atau kekerasan yang terjadi?" ungkapnya.
 
Sebuah acara konser musik di Lippo Plaza Yogyakarta berujung ricuh pada Minggu malam, 12 Juni 2022.Pihak penyelenggaran mengonfirmasi tak ada perizinan dan hanya memberikan pemberitahuan ke aparat. Akibat peristiwa itu, 11 orang mengalami luka.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif