Tungku pembakaran diduga zaman Majapahit ditemukan di sebuah proyek lahan parkir di Desa Gosari, Gresik (Foto / Metro TV)
Tungku pembakaran diduga zaman Majapahit ditemukan di sebuah proyek lahan parkir di Desa Gosari, Gresik (Foto / Metro TV)

Heboh, Warga Gresik Temukan Tungku Pembakaran Era Majapahit di Lahan Parkir

Clicks.id • 22 September 2022 08:56
Gresik: Situs sejarah kembali ditemukan di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik, Rabu, 21 September 2022. Situs berupa tungku pembakaran tembikar era Kerajaan Majapahit ini ditemukan di proyek lahan parkir kawasan Wisata Alam Gosari (Wagos).
 
Warga lantas melaporkan temuan itu ke Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur di Trowulan.
Pengelola Wagos, Misbahum Dawam, mengatakan situs purbakala itu ditemukan saat ekskavator proyek membentur tumpukan bata merah ketika sedang meratakan tanah.
 
Bata merah tersebut bentuknya lebih besar dari biasanya. Karena curiga, warga menghentikan aktivitas dan memeriksa tekstur bata merah yang kondisinya tertata rapi menyerupai tungku pembakaran tembikar itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Warga menduga peninggalan sejarah tersebut peninggalan Kerajaan Majapahit," kata Misbahum.
 
Baca: Berburu Bangunan Cagar Budaya di Mojokerto

Warga lantas melaporkan temuan itu ke Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur di Trowulan. Mereka khawatir jika proyek dilanjutkan akan merusak penemuan situs purbakala itu. Penemuan ini merupakan kali keempat yang terjadi di kawasan tersebut. Sebelumnya pada 2005, 2006, dan 2009, tim arkeolog pernah menemukan gerabah peninggalan Majapahit.
 
Sementara itu, warga Desa Gosari, Zainal Abidin, mengaku sempat meminta kepolisian memasang police line pada sekeliling situs purbakala itu. "Kami berharap situs purbakala ini terjaga agar bisa dinikmati generasi mendatang," tuturnya.

 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif