Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfi (tengah) memberikan bantuan kepada pengungsi di Balai Desa Balerante. (Foto: MI/Djoko Sarjono)
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfi (tengah) memberikan bantuan kepada pengungsi di Balai Desa Balerante. (Foto: MI/Djoko Sarjono)

Kapolda Jateng Menilik Pengungsi Merapi di Desa Balerante

Nasional gunung merapi bencana alam erupsi gunung
Media Indonesia.com • 12 November 2020 06:37
Klaten: Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfi mengunjungi pengungsi Gunung Merapi di Balai Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Rabu, 11 November 2020.
 
Di lokasi itu, Ahmad Lutfi langsung melakukan pengecekan ruang CCTV dan seismograf yang digunakan untuk memantau aktivitas gunung di perbatasan antara Provinsi Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tersebut.
 
Di ruang CCTV dan seismograf, Kapolda melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Klaten tentang tata kelola penanganan bencana erupsi, jalur evakuasi, serta sarana prasarana evakuasi dan penanganan di lokasi pengungsian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Tak Ada Lagi Zona Hijau Covid-19 di Lampung
 
Usai berkoordinasi dengan BPBD Klaten, Ahmad Lutfi mengunjungi pengungsi di Balai Desa Balerante. Jumlah pengungsi saat ini berjumlah 88 orang. Mereka adalah warga asal Dukuh Sambungrejo, Kembangan, dan Ngipiksari.
 
Pengungsi di tempat evakuasi sementara (TES) Balai Desa Balerante terdiri dari 10 balita, 11 anak-anak, 26 lansia, tiga ibu hamil dan menyusui, dua warga sakit, tiga penyandang disabilitras, dan 33 orang dewasa.
 
Mereka mulai mengungsi pada Jumat, 6 November 2020, atau sehari setelah Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menaikkan status Gunung Merapi dari waspada (level II) menjadi siaga (level III).
 
Sebelum meninggalkan lokasi pengungsian, Kapolda Jateng Ahmad Lutfi menyerahkan bantuan paket sembako kepada pengungsi di tempat pengungsian sementara Balai Desa Balerante.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif