Pelabuhan Merak, Banten, mulai dipadati pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor. Foto: NTMC Polri
Pelabuhan Merak, Banten, mulai dipadati pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor. Foto: NTMC Polri

Pelabuhan Merak Dipadati Pemudik Motor, Sistem Buka Tutup Diterapkan

Nasional Mudik Lebaran banten Pelabuhan Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Medcom • 28 April 2022 10:00
Banten: Pelabuhan Merak, Banten, sejak pukul 03.00 WIB, Kamis 28 April 2022, mulai dipadati pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor. Semua dermaga kecuali dermaga eksekutif dipenuhi pemotor yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Merak.
 
Pengelola pelabuhan menyiapkan tenda yang diperuntukkan bagi pemudik motor untuk antre masuk ke kapal. Tenda itu terletak di semua dermaga pelabuhan.
 
Semua tenda yang dikhususkan untuk sepeda motor itu dipenuhi pemudik. Hingga pukul 05.15 WIB, situasi di Pelabuhan Merak masih dipadati pemudik motor yang hendak pulang kampung ke berbagai wilayah Sumatra.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mendekati hari H Lebaran 2022, pemudik di Pelabuhan Merak semakin ramai. Pemudik memilih melakukan perjalanan lebih awal agar terhindar dari kemacetan saat puncak arus mudik yang diprediksi bakal terjadi H-3.
 
Selain dipenuhi pemudik motor, kondisi kantong parkir dermaga juga dipadati kendaraan pribadi yang hendak ke Sumatra. Polisi bahkan menerapkan sistem buka tutup jalan di jalur Cikuasa Atas arah Pelabuhan Merak.
 
Baca: 228.600 Orang Tinggalkan Jawa Menuju Sumatra
 
“Pukul 04.00 lebih kami pihak kepolisian berlakukan sistem buka tutup jalan agar memperlancar lalu lintas ke Pelabuhan Merak. Tentunya kami butuh kerja sama dan pengertian masyarakat karena memang terus mengatur sehingga ada kantong-kantong parkir di Cikuasa Atas,” kata Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, dilansir dari situs NTMC Polri, Kamis, 28 April 2022.
 
Pihak kepolisian juga meminta pemudik sabar menunggu giliran masuk ke kapal. Sebab, sistem buka tutup jalan ini diberlakukan dengan jika kantong parkir dermaga mukai kosong.
 
"Kendaraan yang disekat di Cikuasa Atas akan ditarik menuju pelabuhan secara bergantian," ujar dia.
 
Sistem ini dinilai efektif untuk menghindari stagnasi arus lalu lintas di jalur arteri menuju pelabuhan. Dengan adanya sistem buka tutup ini, kendaraan dari arah Sumatera menuju Jakarta dialihkan ke jalur Cikuasa Bawah.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif