Ilustrasi - - Foto: dok MI
Ilustrasi - - Foto: dok MI

228.600 Orang Tinggalkan Jawa Menuju Sumatra

Ekonomi pelabuhan merak perayaan natal dan tahun baru asdp
Annisa ayu artanti • 24 Desember 2020 19:26
Jakarta: PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat sebanyak 228.600 orang dan 29.900 mobil pribadi meninggalkan Jawa menuju Sumatra pada periode Natal dan Tahun Baru 2021.
 
Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan pada periode ini pihaknya terus mengoptimalkan layanan prima kepada pengguna jasa penyeberangan. Khususnya di sepuluh lintasan-lintasan sibuk.
 
"Untuk lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk memang menjadi perhatian utama dikarenakan memiliki demand terbesar dan jalur tersibuk yang dikelola ASDP. Namun, kami pastikan layanan penyeberangan di kedua lintasan tersibuk ini berjalan lancar dan aman pada periode arus berangkat Nataru," kata Ira dalam keterangan tertulis, Kamis, 24 Desember 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melihat data yang ada, Ira menyebutkan puncak arus berangkat dari Jawa ke Sumatra terjadi pada Rabu, 23 Desember 2020 dengan total penumpang yang menyeberang hampir 50 ribu orang.

 
"Dengan kapasitas terpasang yang memadai, dan pola keberangkatan pengguna jasa yang telah teratur melalui pembelian tiket online Ferizy, maka trafik selama arus berangkat Nataru sangat lancar, dan antrean dapat diminimalisir," tutur Ira.
 
Berdasarkan data Posko Merak mulai H-7 hingga H-2, jumlah total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera sebanyak 228.600 orang, kendaraan roda dua sebanyak 6.200 unit, dan kendaraan pribadi sebanyak 29.900 unit.
 
Jumlah penumpang, kendaraan roda dua, dan kendaraan pribadi turun dibandingkan dengan tahun lalu. Masing-masing turun 22 persen, 14 persen, dan 10 persen.
 
Sebaliknya, data Posko Bakauheni mencatat penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mencapai 162.100 orang, kendaraan roda dua total sebanyak 3.700 unit, dan mobil pribadi mencapai 20.100 unit. Sama halnya dengan arus Merak-Bakauheni, masing-masing data tersebut mengalami penurunan yaitu 33 persen, 23 persen, dan 23 persen.
 
Ira pun mengimbau para pengguna jasa tetap mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari penularan covid-19.

 
"Kami terus mengimbau kepada seluruh pengguna jasa, agar tetap berhati-hati di perjalanan, tetap waspada cuaca buruk, serta menjaga stamina tubuh dan kendaraan yang digunakan agar perjalanan liburan tetap aman, nyaman dan sehat," pungkasnya.  
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif