Warga rela antre dan berdesakan demi bantuan. Foto: Dok/Metro TV
Warga rela antre dan berdesakan demi bantuan. Foto: Dok/Metro TV

Warga Berdesakan Antre BLT, Lansia di Sulbar Digendong Polisi

Nasional BLT UMKM
MetroTV • 20 April 2022 16:49
Tebing Tinggi: Ratusan warga di Kota Tebing Tinggi Sumatra Utara terpaksa berdesakan dan mengabaikan protokol kesehatan demi mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi minyak goreng dari pemerintah. Bahkan di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, seorang lansia harus digendong polisi karena kelelahan mengantre.
 
Di Kota Tebing Tinggi, pembagian BLT subsidi minyak goreng dilakukan di Anjungan Sri Mersing, Lapangan Merdeka. Didominasi oleh ibu-ibu, warga terpaksa mengantre selama berjam-jam.
 
Banyak dari warga yang tidak menggunakan masker, mereka menunggu dengan berdiri dan duduk di lantai karena antrean yang terlalu lama. Panjangnya antrean ini disebabkan oleh loket pelayanan bantuan hanya ada dua, sehingga menimbulkan kerumunan yang saling berdesakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Warga mengaku menerima BLT sebesar Rp500.000 yang terdiri dari minyak goreng dan sembako. Minyak yang didapat warga berjumlah Rp300.000 atau sebanyak stok hingga tiga bulan, sementara sembako yang diterima senilai Rp200.000.
 
“Sementara itu seorang lansia di Desa Tonyaman, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat terpaksa digendong oleh anggota polisi akibat kelelahan setelah lama mengantre pencairan dana BLT minyak goreng,” ujar presenter Metro TV Jason Sambouw dalam tayangan Newsline di Metro TV pada Rabu, 20 April 2022.
 
Menurut pernyataan lansia tersebut, ia sulit berjalan lantaran kelelahan setelah antre cukup lama. Anggota Bhabinkamtibmas Desa Tonyaman Brigadir Masrul mengatakan, lansia ini harus hadir sendiri dan tidak dapat diwakilkan sesuai dengan aturan PT Pos Indonesia sebagai pihak penyalur BLT.
 
Penuhnya antrean juga dipicu karena terdapat tiga desa berbeda yang berkumpul di satu lokasi. Bahkan tercatat sebanyak 1.353 orang penerima BLT yang rela antre dan berdesakan selama berjam-jam. (Leres Anbara)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif