ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Viral Pernikahan Anak di Sulsel, Keduanya Masih SMP

Muhammad Syawaluddin • 24 Mei 2022 18:14
Makassar: Sebuah video pernikahan anak di bawah umum di Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan viral di media sosial. Pasalnya, kedua mempelai masih berstatus siswa sekolah menengah pertama (SMP). 
 
Kedua mempelai tersebut masing-masing MF,15,dan NS,16. Dalam video yang beredar, kedua anak tersebut berada di lokasi acara pernikahan dengan menggunakan pakaian adat bugis dan diiringi dengan musik. 
 
Staf Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Rahmah, mengatakan kedua keluarga mempelai pernah mengajukan berkas pernikahan. Hanya saja, pihaknya menolak lantaran keduanya masih terlampau muda. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Berkasnya kami tolak. Ini untuk membantu pemerintah terkait pembatasan usia nikah," kata Rahmah di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, 24 Mei 2022.
 
Rahmah juga menyatakan pencatatan dan penerbitan buku nikah tidak bisa dilakukan jika kedua mempelai belum berumur 19 tahun. Namun, pihaknya tidak bisa melarang pernikahan anak itu.
 
Baca: KemenPPPA: Orang Tua Berperan Besar Cegah Perkawinan Anak 
 
"Tidak bisa tercatat (di KUA) karena tidak memenuhi syarat," jelasnya. 
 
Sementara itu, keluarga mempelai perempuan, Muh Aris Ali, mengungkapkan pernikahan keduanya karena dijodohkan oleh pihak keluarga. "Keduanya sudah dijodohkan dan kedua orang tuanya merestui," ungkapn Aris.
 
Selain sudah dijodohkan, Aris mengungkapkan pernikahan tersebut untuk menghindari zina. Apalagi, keduanya juga sudah suka sama suka dan sudah berpacaran.
 
"Kami tidak ingin ada cerita lain yang muncul di masyarakat," jelasnya. 
 
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif