Perpanjangan Cuti Bersama Cekik Omzet Jasa Pengiriman
Aktivitas di perusahaan jasa pengiriman ekspres, di Jalan Raya Siliwangi Pamulang, Tangerang selatan. Medcom.id/Farhan Dwitama
Tangerang: Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) menyesalkan kebijakan perpanjangan waktu cuti bersama pada libur Idulfitri 1439 H. Musim mudik yang seharusnya jadi peluang emas, justru mencekik omzet mereka jika cuti bersama ditetapkan 10 hari.

Wakil Ketua Umum Asperindo Budi Paryanto menegaskan libur Lebaran masuk sebagai periode peak season yang merupakan kesempatan emas pengusaha jasa pengiriman. "Tentu kami sangat menyesalkan kebijakan tersebut," kata dia saat dikonfirmasi, Rabu, 9 Mei 2018.

Bak makan buah simalakama. Potensi bisnis berlaga dengan berlipatnya biaya.


Bila tidak sepakat aturan, peluang bisnis hilang atau berkurang. Bila sepakat, biaya menjadi naik berlipat.

"Karena kita harus mengeluarkan gaji lembur yang sangat tinggi karena ini bukan lembur biasa," tambah Dirut PT Dinamika Buana Logistic & Cargo ini.

Namun, beberapa perusahaan jasa pengiriman barang terutama yang melayani retail dan e-commerce, lanjutnya, tak memiliki pilihan lain untuk bisa memanfaatkan peluang bisnis yang ada. Karena ini menyangkut citra pelayanan.

Hal senada juga disampaikan Direktur HRD PT Herona Ekspres Ahmad Dahlan Arifin. Menurutnya, penambahan waktu cuti bersama pada libur Lebaran mengikis omzet usaha pengiriman barang ekspres melalui kereta api.

"Tapi kami terima karena juga harus berikan satu fasilitas terhadap karyawan untuk berlebaran," ucap dia.

Jasa ekspedisi barang mau tak mau harus terus beroperasi walau biaya meningkat. Apalagi dengan hadirnya e-commerce, jasa pengiriman barang tak boleh berhenti.

Perusahaannya mau tak mau harus ikut aturan. Sebab, jasa ekspedisi Herona hanya mengandalkan moda transportasi kereta api.

"Setiap tahun jelang Lebaran, H-10 kami sudah tidak beroperasi karena aturan di perkeretaapian H-10 itu sudah khusus angkut orang, bukan lagi angkut barang," kata dia.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id