Ilustrasi, pelaksanaan salat Idulfitri. (ANT/RAHMAD
Ilustrasi, pelaksanaan salat Idulfitri. (ANT/RAHMAD

Pemkot Solo Waspada Warga Salat Idulfitri Jemaah

Nasional Virus Korona
Triawati Prihatsari • 18 Mei 2020 16:44
Solo: Pemerintah Kota Solo meminta warga muslim untuk melaksanakan salat Idulfitri dan takbir di rumah masing-masing. Pemkot Solo tetap mewaspadai bila ada warga nekat menggelar salat Idulfitri berjemaah.
 
"Kami tidak menggelar salat Idulfitri, jadi harapannya masyarakat mematuhi itu," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo Ahyani, di Solo, Jawa Tengah, Senin, 18 Mei 2020.
 
Dia memastikan pihaknya tidak akan mengeluarkan izin, bila ada warga yang mengajukan izin menggelar salat Idulfitri di lokasi umum. Pihaknya tetap mewaspadai warga yang nekat salat berjamaah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pasti ada saja yang tidak menghiraukan himbauan. Seperti halnya peniadaan salat Jumat dan salat tarawih berjemaah. Meski dilarang atau tidak diperbolehkan, tapi masih saja ada yang melakukannya," jelasnya.
 
Baca:Warga DIY Diimbau Takbir dan Salat Idulfitri di Rumah
 
Sementara itu, Kepala Kemenag Solo, Musta'in Ahmad, pun telah mengeluarkan imbauan untuk warga muslim di Kota Solo agar melaksanakan salat Idulfitri di rumah masing-masing. Kegiatan beribadah di rumah, kata dia, diperpanjang hingga 29 Mei.
 
"Kami mengeluarkan himbauan itu berdasarkan surat pengantar yang dikeluarkan Kemenag RI," ungkap Musta'in.
 
Dia mengaku imbauan telah disosialisasikan ke pengurus masjid, tokoh masyarakat, Pemkot Solo, dan pihak keamanan. Pihaknya menegaskan pelaksanaan ibadah Salat Idulfitri di rumah tidak dilarang.
 
"Harapannya untuk semua takmir masjid di Solo mematuhi himbauan ini demi pencegahan virus korona," tukasnya.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif