Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Warga DIY Diimbau Takbir dan Salat Idulfitri di Rumah

Nasional Virus Korona Idulfitri 2020
Ahmad Mustaqim • 18 Mei 2020 13:23
Yogyakarta: Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengimbau warga merayakan Idulfitri 2020 dengan tetap berada di rumah. Hal ini merupakan upaya mengantisipasi penyebaran virus korona.
 
"Kanwil Kemenag DIY telah menerbitkan Panduan Salat Idulfitri di Rumah dan Khotbah Idulfitri di Rumah. Ini menjadi salah satu upaya Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY dalam memberikan edukasi pelaksanaan ibadahsalat Idulfitri yang dilakukan masyakarat di rumah masing-masing," kata Kasub Bagian Humas Kanwil Kemenag DIY, Fauzi Mumpuni dihubungi Medcom.id, Senin, 18 Mei 2020.
 
Fauzi mengatakan, takbir akan lebih aman dilakukan di rumah. Ia mengatakan, bila takbir dilakukan di musala, masjid, ataupun keliling, akan menimbulkan kerumunan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Takbir kami imbau juga tetap dilantunkan, dari rumah masing-masing, tak perlu dilakukan takbir keliling demi menghindari kontak fisik atau physical distancing," ujarnya.
 
Dia menerangkan di tengah penyebaran virus korona, pelaksanaan ibadah mesti disiasati dengan strategi khusus. Ia menyebut, Kementerian Agama bertanggung jawab besar kepada masyarakat agar pelaksanaan ibadah dapat berjalan dengan baik dan bermuara pada kemaslahatan umat.
 
Baca:Pemkot Makassar Izinkan Salat Idulfitri di Masjid
 
Termasuk untuk bersilaturahmi saat Lebaran. Dia menilai, silaturahmi Lebaran tetap bisa berjalan walaupun tanpa tatap muka, dengan memanfaatkan teknologi.
 
"Salah satu prinsip dalam beragama adalah agama itu mudah, jangan dibuat
rumit dan kaku. Islam memberikan keluasan kepada umatnya untuk menjalankan ibadah sesuai dengan kondisi yang sedang terjadi," terang Fauzi.
 
Sejumlah pimpinan lembaga pemerintah di DIY juga telah menandatangani maklumat bersama dalam perayaan Idulfitri itu. Isi secara garis besar maklumat yakni meniadakan takbir keliling dan dilaksanakan di rumah masing-masing, dan melaksanakan salat Idulfitrid bersama keluarga inti.
 
Kesepakatan itu ditandatangani Polda DIY, Kanwil Kemenag DIY, MUI DIY, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama DIY, Pengurus Wilayah Muhammadiyah DIY, hingga perwakilan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah DIY.
 
Sekretaris Daerah Pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan dukungannya atas kesepakatan itu. Ia mengungkapkan, ibadah tetap harus dilakukan di rumah.
 
"Kebijakan ibadah belajar dan belanja dari rumah tetap dilaksanakan," ujarnya.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif