Ilustrasi. (Foto: MI/Ramdani)
Ilustrasi. (Foto: MI/Ramdani)

Puncak Mudik Solo Diperkirakan Pekan Depan

Nasional Virus Korona mudik
Triawati Prihatsari • 14 Mei 2020 16:04
Solo: Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, memprediksi puncak mudik Lebaran, di wilayahnya berlangsung pekan depan. Mengantisipasi hal itu, Solo menyiapkan gedung tambahan sebagai tempat karantina bagi para pemudik.
 
"Puncak mudik biasanya mulai 10 hari sebelum lebaran. Kita siapkan tempat tambahan untuk mengarantina para pemudik jika dibutuhkan," ujar Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, Kamis, 14 Mei 2020.
 
Beberapa lokasi yang disiapkan di antaranya gedung olahraga (GOR) Bung Karno Solo, GOR Manahan, dan gedung Al Irsyad Solo. Tiga tempat itu disiapkan jika dua lokasi yang telah disiapkan sebelumnya telah melebihi kapasitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau untuk saat ini pemudik yang datang hanya satu hingga dua orang per harinya. Mereka masih bisa tertampung di Graha Wisata Niaga dan Ndalem Joyokusuman," imbuhnya.
 
Baca juga:Puncak Mudik Solo Diperkirakan Pekan Depan
 
Selain menyiapkan lokasi karantina tambahan, Pemkot Solo juga menyiapkan kebutuhan fasilitas untuk tempat karantina tersebut. Termasuk petugas medis.
 
"Fasilitas akan sama persis dengan lokasi karantina sebelumnya. Meski kita berharap, kita tidak akan menambah lokasi ini. Artinya diharapkan gelombang puncak pemudik tidak terjadi," jelas dia.
 
D sisi lain, Pemkot Solo tidak akan menerapkan penyekatan pintu masuk kota dan memastikan Kota Solo masih bisa diakses dari mana pun. Kendati demikian, protokol kesehatan pencegahan penularan virus korona bagi pemudik yang datang tetap diterapkan.
 
"Protapnya tetap seperti sekarang. Pemudik yang datang dibawa dulu ke posko covid-19. Kemudian petugas posko yang menentukan apakah mereka harus dikarantina di lokasi yang disediakan pemerintah atau bisa melakukan karantina mandiri di rumahnya," pungkas Ahyani.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif