Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

366.566 Kendaraan Melintas di Tol Trans Sumatra saat Libur Panjang

Nasional libur panjang jalan tol trans sumatera arus mudik
Media Indonesia.com • 03 November 2020 10:00
Sumatra: Pengelola Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) mencatat sebanyal 366.566 kendaraan melintas saat momen libur panjang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Angka itu merupakan akumulasi Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) mulai Kamis, 28 Oktober hingga Sabtu, 31 Oktober 2020. 
 
Angka itu merupakan kendaraan yang melintas dari Pulau Jawa menuju Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan di Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, GT Pekanbaru di Ruas Pekanbaru-Dumai, dan GT Blang Bintang di Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 4. 
 
"Puncaknya yaitu pada Kamis, 28 Oktober mengalami peningkatan hingga 92.260 kendaraan atau 16,53 persen yang melintas pada saat libur panjang dan cuti bersama," ujar Direktur Operasi I Hutama Karya Suroto, melansir Mediaindonesia.com, Selasa, 3 November 2020. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan, untuk puncak arus balik dari Pulau Sumatra ke Pulau Jawa melalui exit tol Bakauheni Selatan di ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar pada Minggu, 1 Novembert 2020, mencapai 6.933 kendaraan. Dia memastikam, selama arus libur panjang berjalan lancar. 
 
Baca: 408 Wisatawan di Jabar Reaktif Covid-19
 
Dia mengaku, pihaknya tetap mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya dalam memperketat protokol covid-19. Pihaknya pun menyediakan pos check poin kesehatan. 
 
"Pengguna jalan bisa mendapatkan cek kesehatan gratis untuk memastikan pengguna jalan dalam keadaan prima. Mereka cukup antusias dan memanfaatkan fasilitas di pos check point," ujar Suroto. 
 
Pos check point dibangun pada ruas jalan tol yang paling banyak dilintasi pengguna jalan saat momen liburan. Yakni ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang -Kayu Agung (Terpeka), Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) dan ruas Tol Pekanbaru-Dumai. 
 
Baca: Usai Libur Panjang, Puluhan ASN Kota Bogor Dilakukan Tes Usap
 
"Tak hanya menyediakan pos check point saja, kami juga membentuk Tim Tanggap Darurat Covid-19 yang bertugas untuk memastikan bahwa semua cabang tol yang dikelola telah melakukan tindakan pencegahan dan sosialisasi mengenai covid-19," jelasnya. 
 
Selain itu, lanjut dia, setiap cabang tol juga melakukan berbagai upaya demi memberikan pelayanan yang optimal. Seperti membagikan masker, handsanitizer dan kartu Uang Elektronik (UE) gratis di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, pembagian flyer informasi berkendara di ruas Pekanbaru- Dumai, maupun pos kesehatan 24jam di ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif