Rakor Angkutan Lebaran Tahun 2022 Provinsi Jawa Timur.
Rakor Angkutan Lebaran Tahun 2022 Provinsi Jawa Timur.

Khofifah Antisipasi Lonjakan Covid-19 Usai Libur Lebaran

Nasional liburan Khofifah Indar Parawansa Kasus Aktif Covid Indonesia Jawa Timur Lebaran 2022
Daviq Umar Al Faruq • 24 April 2022 18:40
Malang: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan kesiapsiagaan masa mudik Lebaran tahun ini harus lebih ditingkatkan. Terutama terkait pengecekan vaksinasi covid-19 yang diterima oleh masyarakat.
 
"Target vaksinasi booster agar terus diakselerasi dengan tetap melaksanakan vaksin baik di siang hari maupun setelah sholat tarawih," kata Khofifah saat Rapat Koordinasi (Rakor) Angkutan Lebaran Tahun 2022 Provinsi Jawa Timur, di Kota Batu, Sabtu 23 April 2022.
 
Khofifah mengaku, Forkopimda Jatim juga bakal mengantisipasi isu permasalahan saat mudik Lebaran. Seperti bencana alam, kemacetan, lonjakan kunjungan wisatawan, kesiapan moda angkutan, kerusakan jalan dan jembatan, antisipasi lonjakan covid-19 pasca liburan hingga kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan dalam menghadapi arus mudik. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masing-masing akan terus kita lakukan koordinasi baik secara vertikal maupun horizontal. Kita berharap bahwa mudik lebaran kali ini dan baliknya dalam keadaan aman, selamat dan sehat," terangnya.
 
Pangkoarmada II Laksda TNI, Iwan Isnurwanto mengaku bakal meningkatkan kewaspadaan kendaraan yang akan digunakan dalam perjalanan mudik. 
 
"Antisipasi giat mudik Lebaran tahun 2022 yakni kesiapan kendaraan dan keamanan rumah yang ditinggal," kata Pangkoarmada II. 
 
Baca: H-9 Pemudik Via Udara di Bandara Soetta Meningkat
 
Sementara itu, Kapolda Jawa Timur, Irjen Nico Afinta, mengatakan, untuk melakukan upaya percepatan vaksinasi yakni, pembentukan gerai vaksinasi, vaksinasi door to door dan vaksinasi pelayanan Polri.
 
"Agar menghimbau calon pemudik untuk mudik menggunakan transportasi umum dan tidak menggunakan kendaraan pribadi, guna mengantisipasi lonjakan pengendara," imbau Kapolda Jatim. 
 
Lebih lanjut, Nico menambahkan, agar para Kasatwil dihimbau untuk melaksanakan rekayasa lalu lintas di lokasi wisata wilayah masing-masing, apabila diperlukan untuk mengurangi mobilitas dan kepadatan.
 
"Perlu adanya kerjasama seluruh stake holder agar dapat mewujudkan mudik yang aman dan sehat," ujarnya. 
 
Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Nurchahyanto dalam arahannya menyampaikan, untuk melaksanakan tugas sesuai tupoksi masing untuk jamin keamanan, keselamatan, dan kenyamanan masyarakat yang mudik.
 
"Laksanakan sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat tentang aturan dan kebijakan terkait pengendalian arus mudik," kata Pangdam. 
 
"Setiap unsur pimpinan lakukan pengawasan dan evaluasi serta koordinasi dan komunikasi dengan seluruh instansi terkait," lanjutnya.

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif