ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani
ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani

Tangsel Berencana Subsidi SPP Siswa Sekolah Swasta

Nasional banten tangerang selatan Pendidikan Menengah Biaya Pendidikan
Farhan Dwitama • 26 Maret 2022 17:10
Tangerang: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tangerang Selatan, Banten, berencana memberikan subsidi Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) kepada pelajar SMP yang bersekolah di sekolah swasta.
 
Wacana itu didasari jumlah SMP Negeri yang tidak sebanding dengan jumlah SD Negeri sehingga siswa banyak bersekolah di SMP swasta. 
 
"Bagi siswa yang tidak keterima di sekolah negeri kita dorong ke sekolah swasta, dengan subsidi SPP untuk membantu mereka yang memang tidak bisa masuk negeri karena persyaratan," kata Kepala Disdikbud Tangsel Deden Deni, Sabtu, 26 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Deden menerangkan, saat ini jumlah SD Negeri di Tangsel, sebanyak 157 sekolah sementara SMP negeri hanya berjumlah 24 sekolah. Setiap tahunnya, belasan ribu siswa SD Negeri, tidak bisa melanjutkan pendidikan negeri tingkat SMP karena keterbatasan itu. 
 
Baca juga: Pemkot Tangsel Izinkan ASN Kunker ke Luar Daerah
 
"SDN 157 dan SMPN 24, timpang banget. Karena kita berusaha mencari ideal. Kita sedang mengkaji jumlah siswa lulus dan jumlah sekolah yang ada, tapi kita harus bijak juga disitu ada sekolah swasta," jelasnya. 
 
Secara rinci, Deden belum bisa menerangkan detail terkait keinginan Pemkot Tangsel, menyubsidi biaya SPP siswa yang bersekolah di SMP swasta. Menurut dia, rencana itu masih dalam proses pengkajian. 
 
"Program ini baru dibuka tahun ini, kita lihat evaluasi kedepan seperti apa. Subsidi spp, terutama untuk yang tidak mampu dan ada seleksi juga mana yang berhak menerima subsidi SPP. Kami nanti melibatkan dinas sosial juga misal ada keterangan tidak mampu," jelas Deden. 

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif