Koloni ubur-ubur di sebuah akuarium di Paris, Prancis. (Foto: AFP/JOEL SAGET)
Koloni ubur-ubur di sebuah akuarium di Paris, Prancis. (Foto: AFP/JOEL SAGET)

Uji Coba Pariwisata New Normal, Puluhan Wisatawan Disengat Ubur-ubur

Nasional pariwisata Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 29 Juni 2020 14:17
Gunungkidul: Puluhan wisatawan di Pantai Kukup Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) disengat ubur-ubur. Wisatawan diimbau waspada karena sebagian korban merupakan anak-anak.
 
Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto, mengatakan hingga Minggu, 28 Juni 2020 sudah lebih dari 40 orang disengat ubur-ubur. "Sengatannya berdampak sesak napas, khususnya anak-anak," kata Surisdiyanto dihubungi, Senin, 29 Juni 2020.
 
Ia menjelaskan, dampak sengatan ubur-ubur memang bisa sembuh dengan pertolongan medis. Namun ia meminta wisatawan yang membawa anak-anak harus diawasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ubur-ubur ini warnanya menarik. Tubuhnya transparan, warna biru. Biasanya mudah terseret ombah hingga di pasir tepi pantai," katanya.
 
Menurut dia, salah satu hewan laut itu saat ini akan mencari titik hangat. Sebab, saat musim kemarau suhu air laut yang cenderung dingin.
 
"Kalau tersengat ubur-ubur kulit terasa gatal. Untuk yang sesak napas segara dibantu oksigen," kata dia.
 
Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Marjono, mengungkapkan petugas terus memantau di sekitar obyek wisata pantai yang dibuka untuk uji coba new normal. Selain mewaspadai risiko sengatan ubur-ubur, pihaknya mengingatkan wisatawan menaati protokol pencegahan covid-19.
 
"Masker wajib dipakai. Jangan sampai berkerumun di obyek wisata dalam jumlah besar," ungkapnya.
 

(ALB)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif