Ilustrasi kapal-kapal nelayan Pantai Trisik, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Foto ANTARA/Sutarmi
Ilustrasi kapal-kapal nelayan Pantai Trisik, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Foto ANTARA/Sutarmi

Pemkab Kulon Progo Diminta Memperlebar Jalan Menuju Pantai Trisik

Nasional pariwisata pariwisata daerah
Antara • 07 Oktober 2020 10:08
Kulon Progo: Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Tukijan meminta pemerintah kabupaten memperlebar akses jalan dan jembatan menuju objek wisata Pantai Trisik.
 
Tukijan mengatakan sejauh ini jalan dan jembatan menuju Pantai Trisik sangat sempit dan hanya bisa dilewati satu kendaraan roda empat.
 
"Keindahan Pantai Trisik tidak kalah dengan pantai yang ada di Bantul, seperti Pantai Baru, dan Gua Cemara, tapi Kulon Progo lebih tertinggal. Hal ini dikarenakan Pantai Trisik belum didukung infrastruktur jalan yang memadai," kata Tukijan di Kulon Progo, Rabu, 7 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 92 Hotel dan Restoran di Yogyakarta Penuhi Standar Keamanan Covid-19
 
Dia menjelaskan saat berpapasan dengan kendaraan lain, harus ada salah satu yang berhenti. Bus ukuran besar juga belum bisa masuk, sehingga wisatawan enggan berkunjung ke Pantai Trisik dan memiliki ke Bantul, yang akses jalannya luas.
 
Ia juga berharap Pemkab Kulon Progo membuat rencana induk pengembangan Kawasan Pantai Trisik. Arah pengembangan Pantai Trisik harus jelas, apakah dikembangkan sebagai kawasan konservasi penyu atau kawasan pantai berbasis agrowisata. Saat ini kondisinya masih memprihatinkan.
 
"Pemkab harus berani membuat rencana induk pengembangan kawasan Pantai Trisik. Ini penting, jangan sampai menjadi acuan bagi pelaku wisata dan calon investor yang tertarik berinvestasi, bila pemkab tidak mampu mengembangkan Pantai Trisik," jelasnya.
 
Sementara Ketua Komisi IV DPRD Kulon Progo Istana mendorong pemerintah setempat mengembangkan dan mengoptimalkan Pantai Trisik sebagai pusat pertumbuhan ekonomi bidang pariwisata berbasis agrowisata dan konservasi.
 
Ia mengatakan Pantai Trisik adalah bagian dari pantai yang masih tersisa yang terdapat kawasan konservasi penyu yang menjadi indikator ketaatan dalam melestarikan lingkungan.
 
"Komisi IV peduli supaya kawasan Pantai Trisik dioptimalkan fungsinya. Selain produktif untuk kegiatan ekonomi dan wisata, tapi juga paham terhadap konservasi tukik karena kalau tidak diseriusi akan punah," ungkapnya.
 

 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif