Kerusuhan di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8). (AFP/STR)
Kerusuhan di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8). (AFP/STR)

Gubernur Papua Segera ke Jatim

Nasional Kerusuhan Manokwari
Lukman Diah Sari • 19 Agustus 2019 13:14
Surabaya: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Prawansa telah berkomunikasi dengan Gubernur Papua Lukas Enembe perihal insiden di Malang, Jawa Timur, Kamis, 16 Agustus 2019. Khofifah telah memohon maaf terkait kejadian tersebut.
 
"Gubernur Papua akan ke Jatim dan berkomunikasi dengan mahasiswa Papua di Jatim," ujar Khofifah dalam Breaking News Metro TV, Senin, 19 Agustus 2019.
 
Sementara itu, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menerangkan aksi di wilayahnya memprotes insiden mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang. Terlebih ada pernyataan agar mahasiswa dipulangkan ke Papua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita tidak terima itu. Seharusnya difasilitasi misal gubernur hadir. Dialog itu harus dilakukan," ujar Dominggus, Senin, 19 Agustus 2019.
 
Dia menerangkan harusnya Pemkot Malang memfasilitasi Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, hadir di Malang bersama pemerintah daerah terkait. Persoalan ini harus diselesaikan dengan bijak.
 
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo segera memanggil Gubernur Papua, Papua Barat, dan Jawa Timur. Tjahjo mengaku sebelum kerusuhan sudah berencana memanggil ketiga kepala daerah. Namun, kerusuhan lebih dulu pecah di Manokwari, Senin, 19 Agustus 2019.
 
"Kami minta kepada para kepala daerah, kepada pejabat, untuk menahan diri. Waktu yang tepat nanti setelah Gubernur Papua kembali ke Jayapura, kami akan segera mengundang mereka," ujar Tjahjo di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Senin, 19 Agustus 2019.
 
Baca:Perlakukan Saudara Kita Papua Bagian Anak Bangsa
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif